Resensi Buku Mengenal Ekonomi Syariah

Daftar Isi [Tampil]
Resensi buku


Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi hasil meresensi sebuah buku. Yuk dibaca yah.

Mengenal ekonomi syariah



Judul                : Mengenal Ekonomi Syariah
Penulis             : Madziatul Churiyah
Tahun Terbit    : Juli 2011
Penerbit           : Surya Pena Gemilang Publishing
Cetakan ke      : -
Edisi buku       : -
Jumlah Hal      : viii + 265 halaman
ISBN               : 978-602-8253-16-1
Harga              : -

Penulis buku “Mengenal Ekonomi Syariah” memiliki nama lengkap beserta gelar adalah Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M. Beliau merupakan seorang dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pernah mengenyam pendidikan Magister Ilmu Manajemen di Universitas Brawijaya Malang. Beberapa kali karya tulisnya dipublikasi, tak heran jika buku ini juga ikut lahir.

Buku ini memiliki dua tujuan yang pertama, dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan sumber buku bagi mahasiswa. Buku ini diharapkan mampu membanu para mahasiswa dalam mengkaji masalah ekonomi syariah. Kedua, saat ini masih sedikit sekali buku ekonomi syariah, khususnya yang berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, buku "Mengenal Ekonomi Syariah" hadir untuk menjadi salah satu alternatif rujukan yang dapat dijadikan sebagai referensi menambah cakrawala berpikir khususnya di bidang ekonomi Syariah.

Islam sebagai agama di dalamnya sudah sedemikian rupa mengandung konsep-konsep yang mengatur kehidupan manusia secara komprehensif dan universal. Aturan di dalamnya sudah mengatur dua hubungan yaitu hubungan dengan Sang Pencipta (habluminAllah) dan hubungan antar sesama manusia (hablumminannas).

Pada bagian awal, buku ini menjelaskan konsep dasar dari Ekonomi Islam itu sendiri. Dimana dalam ajaran Islam, ada tiga pilar pokok yang harus ditanamkan. Pertama, aqidah yakni komponen ajaran Agama Islam yang mengatur tentang keyakinan atas keberadaan dan kekuasaan Allah.

Kedua syariah yakni bagian yang mengatur tentang kehidupan seorang muslim, baik dalam bidang ibadah (habluminAllah) maupun dalam bidang muamalah (hablumminannas). Syariah inilah yang merupakan bentuk dari aktualisasi akidah yang menjadi keyakinan seorang muslim-muslimah.

Ketiga, akhlak adalah landasan perilaku dan kepribadian yang akan mencirikan dirinya sebagai seorang muslim.

Lebih lanjut buku "Mengenal Ekonomi Syariah" menyajikan pembahasan Ekonomi Islam secara kompleks.

Buku ini terdiri dari 11 Bab yang mengupas aspek ekonomi syariah. Terdiri dari:
Bab 1 Konsep Dasar Ekonomi Islam
Bab 2 Karakteristik Perekonomian Islam
Bab 3 Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
Bab 4 Perilaku Ekonomi Islam (Konsumsi)
Bab 5 Perilaku Ekonomi Islam (Produksi)
Bab 6 Kebijakan Fiskal dalam Ekonomi Islam
Bab 7 Kebijakan Moneter dalam Ekonomi Islam
Bab 8 Lembaga Keuangan Islam (Bank Syariah)
Bab 9 Lembaga Keuangan Islam (Baitul Maal Wattamwil / Bmt)
Bab 10 Lembaga Keuangan Islam (Takaful/ Asuransi Syariah)
Bab 11 Peran Negara Dalam Perekonomian Islam

Melihat dari Bab-bab yang disusun pada buku ini, kita akan diajak untuk belajar dari hal yang sangat dasar sekali terkait akar dari Ekonomi Islam. Kemudian, buku menjelaskan pula sejarah perekonomian Islam pada masa Rasulullah. Puncaknya, buku ini menjelaskan tentang keberadaan Ekonomi Islam di tengah kemodernan dunia atau ekonomi konvensional.

Kelebihan buku:
Buku ini disusun secara sistematis, dimulai dari pembelajaran konsep dasar terlebih dahulu hingga mempelajari hal yang kompleks terkait ekonomi syariah. Buku ini disajikan dengan bahasa yang ringan sehingga dapat dengan mudah untuk dimengerti. Buku ini banyak mengutip dari beberapa sumber, menjadikannya lebih berbobot sehingga enak untuk dibaca bagi mahasiswa yang ingin menjadikannya sebagai referensi penelitian atau penulisan karya ilmiah lainnya.

Kekurangan buku:
Sebagaimana kata pepatah, “Tak ada gading yang tak retak,” maka buku ini juga tidak luput dari adanya kekurangan. Buku ini cenderung menjelaskan isi secara narasi, kurangnya ilustrasi tentu ini agak membuat pembaca merasa bosan.

Dari berbagai aspek yang ada, buku ini tetap cocok untuk dijadikan sebagai rekomendasi bacaan bagi masyarakat dalam mempelajari Ekonomi Islam mulai dari dasar.

Terima kasih sudah membaca resensi buku "Mengenal Ekonomi Syariah" yang saya tulis ini. Tugas meresensi buku ini merupakan serangkaian agenda dalam FoSSEI Development Training Sumbagsel 2020. Semoga dapat bermanfaat. Sayang banget kalo gak di-posting ke blog, barang kali ada yang lagi cari referensi hehehe

27 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Ekonomi syariah, keren juga. Coba bahas artikel tentang bagaimana ekonomi Islam bisa bangkit

    ReplyDelete
  2. Ni buku untuk kuliah kah mbak? Tapi sepertinya pengemasannya kok menarik dibaca buat orang umum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bacaan umum mbak, referensi penelitian bisa, kuliah bisa juga

      Delete
  3. Sebagai seorang muslim memang sudah menjadi keharusan ya untuk menggali ilmu agama, termasuk belajar mengenai ekonomi syariah. Apalagi kegiatan ekonomi sangat erat dengan kehidupan kita sehari2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa menarik mbak, ekonomi syariah khususnya buat muslim buku ini bisa jadi pedoman dalam bermuamalah

      Delete
  4. Walaupun nggak ada ilustrasinya, yang pentingkan bisa nambah ilmu ekonomi syariah :D

    makasih Kus..

    ReplyDelete
  5. Bagus juga bukunya tapi belum sampai ke sukuk dan saham syariah ya pembahasannya. Next Resensi buku saham syariah dong kak, hihi...

    ReplyDelete
  6. Membahas yang berbau syariah memang menarik. Selain dapat lebih dekat dengan anjuran agama, ekonomi syariah juga bisa terhindar dari yang namanya riba.

    ReplyDelete
  7. Ini nih yang paling banyak ditanyakan. Mulai dari hukum gopay, transaksi online, dsb. Harus dibaca biar kalo orang nanya ngga googling waee tuh orang2 hihii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sama banget, saya juga hobi googling :3

      Delete
  8. Halo kak Reskia, sepertinya menarik nih membahas ekonomi syariah, semoga saja bisa diterapkan dalam bernegara, karena konsep ekonomi kapitalistik sudah terbukti membuat dunia kacau balau karena hanya mementingkan laba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak, iya kita saat ini ditantang karena adanya konsep kapitalis yang hanya memikirkan profit

      Delete
  9. Dengan membaca resensi ini, sepertinya buku ini bisa jadi referensi yang baik kalau ingin belajar ekonomi syariah.

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata ekonomi syariah semenarik ini ya. Di kampusku di IPB juga dibuatkan satu jurusan khusus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren tuh mbak, di kampus saya masih hanya sebatas konsentrasi dari jurusan yang diambil

      Delete
  11. Ini bukunya bisa jadi sumber yang valid dan pastinya jadi buku yang paling dicari sama anak" fakultas ekonomi syariah nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, cocok digunakan untuk mengenal ekonomi syariah

      Delete
  12. Wah, bisa jadi buku bacaan tambahan nanti. Untuk realitasnya melakukan kegiatan ekonomi dengan tetap teguh pada hukum islam memang memiliki godaan tersendiri.

    ReplyDelete
  13. jujur kalau ekonomi itu agak mumet, aku lebih suka main logika 0/1 atau videograpper :)

    ReplyDelete
  14. boleh nih buat nambah bacaan ekonomi syariah, soalnya kadang sering banget nggak sadar melakukan kegiatan 'ekonomi' yang nggak sesuai dengan syraiat islam :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post