-->

Gampang Banget! Cara Mudah Membuat Resensi Buku

Resensi Buku

Definisi Resensi

Resensi merupakan sebuah tulisan yang berisi mengenai ulasan suatu buku.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi yaitu suatu  pembicaraan buku atau sebuah ulasan mengenai satu buku. Kata resensi berasal dari bahasa latin yaitu “recensere” yang artinya melihat kembali, menimbang, atau menilai. 

Perlu teman-teman ketahui, meresensi dalam bahasa youtober itu me-review, bedanya resensi itu ditulis dan ada ketentuannya, kalo me-review dibicarakan apapun yang ingin disampaikan oleh youtobernya. Iya apa iya ?

Tujuan Resensi Buku 

Setidaknya ada lima tujuan dari resensi buku, yaitu:
  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang di resensi
  • Memberikan gambaran kepada pembaca dan penilaian umum dari sebuah karya secara ringkas
  • Memberikan masukan kepada penulis berupa kritik dan saran terhadap isi, substansi dan cara penulisan buku
  • Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut di terbitkan
  • Menguji kualitas buku dan membandingkan terhadap karya lainnya. 

Tujuan resensi buku itu memberitahukan informasi tentang buku yang diresensi menurut pemahaman dan sudut pandang yang meresensi (si penulis). Jadi memang ditulis berdasarkan pemahaman si peresensinya,  meskipun nantinya ada orang lain yang  meresensi, isinya akan sedikit berbeda dalam segi pandangan saja, secara umum pasti sama karena objeknya sama (si buku).

Manfaat Resensi Buku

  1. Penambah kosa kata plus pengetahuan: Kita secara tidak langsung, ketika melakukan resensi buku pasti akan membaca buku yang akan diresensi. Walau sadar atau tidak sadar, ketika membaca memperoleh kosa kata baru (jarang ditemui). Plus dapat ilmu atau pengetahuan baru yakan?
  2. Bahan rujukan: Resensi buku bisa memberikan deskripsi rinci kepada pembaca mengenai sebuah buku.
  3. Manfaat ekonomis: Kita bisa memperoleh uang atau imbalan, ketika resensi yang ditulis muncul di media.
  4. Sarana promosi buku: Resensi buku biasanya ditulis ketika ada buku baru yang terbit, dimana belum pernah diresensikan sehingga bisa dijadikan sarana promosi buku baru tersebut.
  5. Pengembangan kreativitas: Ibarat pisau, kalau jarang diasah maka dia akan tumpul. Jadi, ketika kita semakin sering menulis, maka semakin pula terasah kemampuan kita. Begitu juga dengan menulis resensi.
  6. Menambah konten artikel blog: Nah kalau yang ini dilihat dari kacamata para blogger. Lumayankan habis baca buku terus bikin resensi, kemudian posting di blog hehe
Teman-teman boleh tambahkan jika terasa ada yang kurang ditulis pada manfaat resensi buku ini. Kalau saya sendiri pernah tiga kali meresensi buku. Pertama, bukunya bang Radit yang Marmut Merah Jambu. Buku itu diresensi karena tugas SMA dulu hehe.

Kedua, Review Buku Tuhan Tidak Pernah Iseng. buku itu udah lama sekali saya baca, tapi makna yang disampaikan dalam buku itu membuat saya tergugah untuk menulis reviewnya atau resensinya.

Ketiga, [Review Buku] Untukmu yang Terjebak di Masa Lalu, Ayo baca Novel Kata! nah kalo buku ini direkomendasikan sama teman saya. Kosa kata pada puisi-puisinya sih yang aku suka dari buku ini.

Jenis-jenis Resensi

Dalam diskusi online yang dilakukan oleh organisasi saya, bertemakan "Apa itu resensi buku? Tips dan Trik Menulis Resensi" saya memperoleh ilmu ini. Dalam menulis resensi, ada tiga jenis resensi yaitu:
  • Informatif, resensi ditulis secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku
  • Deskriptif, resensi yang membahas isi buku secara detail pada setiap bagian atau bab nya
  • Kritis, resensi yang mengulas detail buku menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu, isi resensi biasanya objektif dan kritis dalam menilai isi buku.
Note: Ketiga jenis resensi buku tersebut bisa saja dipakai secara bersamaan karena ketiganya tidak baku.

Susunan Resensi Buku

A. Data Buku

Pada bagian data buku, ada beberapa hal yang perlu dicantumkan seperti:
  • Judul buku
  • Pengarang
  • Penerbit
  • Tahun terbit serta cetakannya
  • Tebal buku
  • Harga buku
  • Gambar sampul buku
Informasi lengkap ini biasanya ada pada halaman setelah judul (halaman ke 2,3 atau 4), kita akan menemui informasi-informasi untuk ditulis ketika ingin memulai meresensi suatu buku.

B. Pembukaan Resensi

Pembukaan resensi juga bisa diawali dengan basa-basi singkat, ntah itu alasan membeli/membaca buku itu, latar belakang buku itu ditulis, bisa juga langsung menjelaskan profil si penulis baik berisi tentang nama, latar belakang pendidikan, reputasi dan prestasi buku atau karya apa saja yang di buat oleh penulis.

C. Isi Resensi

Untuk isi resensi haruslah dibaca terlebih dahulu buku yang akan di resensi (yaiyalah masa yaiyadong). Buku tersebut dibaca secara cermat dan teliti, kemudian pahami konsep buku dan tulis dalam sudut pandang kamu sebagai peresensinya.

Meresensi bisa dilakukan dengan menandai bagian-bagian yang dianggap penting. Bagian tersebut bisa dikutip sebagai data acuan. Kemudian tulis sinopsis atau intisari buku tersebut.

D. Penilaian Kelebihan dan Kekurangan

Ketika kita ingin mengulas poin ini, ada  beberapa hal yang bisa dinilai baik dari segi kelebihan maupun kekurangan yaitu:
  • Kerangka penulisan (sistematis penulisan buku, hubungan antar sub yang ada dalam buku)
  • Isi pernyataan (bobot ide)
  • Bahasa (ejaan, penggunaan kalimat)
  • Aspek teknis (tata letak, kerapihan, kualitas cetakan)  
  • Dan lain-lain
Pada bagian ini, ketika teman-teman ingin menilai dari sudut pandang kita tulislah dengan alasan yang singkat, padat dan jelas. Serta gunakanlah bahasa yang sopan, sehingga tidak menyinggung si penulis buku tersebut.

E. Penutup

Penutup bisa ditulis berkaitan dengan kesimpulan. Ajakan untuk membaca buku tersebut (rekomendasi). Bisa juga ditulis alasan kenapa harus banget beli atau baca buku yang kamu resensikan tersebut.

Pict by: Pixabay

Demikian cara mudah membuat resensi buku, semoga bermanfaat!

Update terbaru, kepo lebih lanjut!:

18 Responses to "Gampang Banget! Cara Mudah Membuat Resensi Buku"

  1. Wah ini sangat membantu dan bermanfaat bagi yang ingin meresensi buku nanti aku mau nyoba resensi buku dengan panduan mba nih.
    Semangat terusss mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gas gas semangat juga mbak.

      Iya semoga teman-teman bisa terbantu dalam menulis resensi buku.

      Delete
  2. Pas bgt, saya jg lagi punya niat belajar nulis resensi buku 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh kan mantep. Semangat menulis ya mbak

      Delete
  3. Sekarang saya jadi tahu cara mudah meresensi buku diantaranya adalah :
    Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang di resensi
    Memberikan gambaran kepada pembaca dan penilaian umum dari sebuah karya secara ringkas
    Memberikan masukan kepada penulis berupa kritik dan saran terhadap isi, substansi dan cara penulisan buku
    Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut di terbitkan
    Menguji kualitas buku dan membandingkan terhadap karya lainnya.

    ReplyDelete
  4. Coba aja aku baca ini waktu jaman SMA ya kak, lengkap banget dan mudah dipahami. Jadi enak belajar dan buat resensi ntar, Jadi banyak tahu apa yg dulu aku ga tau, thx u kakkk kuskus

    ReplyDelete
  5. Baru tahu nih bedanya resensi dan review, disangka sama aja. Ternyata ada aturan yang lebih jelas jika meresensi dibandingkan dengan mereview. Semoga bs mencoba meresensi ga cuma mereview aja..hehehe...
    Makasih mbk, mencerahkan..

    ReplyDelete
  6. Informasi yang sangat berguna, Kak. Ini kelewatan kalo anak bahasa dan sastra gak ngerti cara meresensi buku. Oh iya, kalo penilaian angka dengan skor atau rate itu perlu dicantumkan gak? Kayaknya berguna juga tuh.

    ReplyDelete
  7. Wow kok kayaknya mudah banget yak meresensi buku .Aku jadi pengen bikin resensi tentang buku juga ah

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya aku banyak koleksi buku dirumah, tapi kayaknya belum pernah buatin resensinya, pengen juga deh nanti mencoba buat resensinya... makasih ya mbak..ilmunya sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  9. kalau bikin resensi jurnal atau karya ilmiah sama juga kah? bedanya dengan review buku apa kak? biar nanti bisa kasih tugas ini ke muridku hehee

    ReplyDelete
  10. Molly sering nih nulis resensi buku dulu tapi. sekarang mau nulis lagi.. tapi bukunyo lom abes dibaco hehee.. keburu males duluan. :D

    ReplyDelete
  11. Sebagai orang yg suka review buku, ini bermanfaat sekali.

    Lagi lagi, tulisan mba res ini bikin saya berasa lagi baca artikel sains populer di media cetak. Keren euy. the

    ReplyDelete
  12. Manteppp. Rapi sekali tulisannya

    ReplyDelete
  13. Selain bermanfaat untuk mereka yang masih di bangku sekolah/kuliah, bermanfaat juga untuk yang pengen nulis resensi untuk dikirim ke koran koran. .


    Makasih ya, Mbak.

    ReplyDelete
  14. Mantap sekali ini. Dulu sering banget ngeresensi buku-buku. Tapi sekarang ditinggalin. Hehe. Bakalan bermanfaat sekali kalau dilakuin lagim 😊

    ReplyDelete
  15. Ada bagian yang nggak setuju. Review dan resensi itu adalah dua hal berbeda. Kalau resensi ada aturan teknisnya kayak dipelajari di sekolah

    ReplyDelete
  16. Good. Kita sebagai orang yang katanya sering baca buku. Seharusnya mulai membiasakan untuk menulis resensi buku. Selain sebagai sebuah apresiasi atau jadi bahan evaluasi bagi si penulis, resensi yang kita tulis bisa menjadi bahan rujukan kepada teman-teman terkait buku yang sebaiknya mereka baca dan tidak mereka baca

    ReplyDelete

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel