Kreatif, Kerajinan dari Bahan Plastik yang Bisa Sobat Coba

Daftar Isi [Tampil]
Kerajinan dari Bahan Plastik


Bumi yang kita cintai memang tak muda lagi. Pasalnya, bumi kita sudah semakin tua. Semakin bertambah hari bukannya bumi semakin sehat, tetapi semakin bertambah sakitnya. Hingga sekarang kita masih dilanda wabah corona. Jauh sebelum corona, kita sudah punya PR banyak untuk menjaga bumi. Salah satu caranya adalah membuat kerajinan dari bahan plastik.

Berbicara mengenai plastik, dunia sedang berupaya untuk menekan angka penggunaan plastik. Usahakan bagi kamu ketika ingin berbelanja baik di minimarket atau pasar, bawalah kantong belanjaan sobat sendiri.

Menurut International Solid Waste Association, hasil risetnya mengatakan bahwa saat ini jumlah sampah plastik sudah tak bisa ditoleransi lagi. Sampah plastik yang memenuhi laut bisa membunuh ekosistem di lautan, di mana sebutnya bisa tiga kali lipat dalam 20 tahun yang akan datang.

Tentu kita tak ingin bumi yang kita cintai sakit-sakitan secara terus-menerus. Bumi yang sakit akan memberikan efek yang tidak baik bagi penghuni di dalamnya. Salah satu contoh akibat dari sampah plastik yang dibuang sembarangan adalah banjir. Banjir muncul bilamana, daerah resapan air telah tertutup atau adanya kelebihan muatan daya tampung air di sungai maupun daerah aliran air lainnya.

Nah, upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaat kan sampah plastik untuk dibuat menjadi kerajinan dari bahan plastik. Simak 5 kerajinan berikut ini.

Kerajinan dari Bahan Plastik yang Bisa Dicoba


Sedikit cerita, sewaktu SD hingga SMA kita akan bertemu dengan mata pelajaran Seni Budaya. Jika di SMA ada tambahan pula mata pelajaran kewirausahaan. Kedua mata pelajaran ini sering kali ditugaskan untuk membuat kerajinan tangan. Saya rasa pemerintah sudah dari jauh hari memasukkan materi ini ke mata pelajaran tersebut karena ingin meningkatkan kesadaran anak serta meningkatkan kreativitas.

Bahkan dulu sewaktu SMA kami pernah membuat ajang, fashion show dari bahan yang sudah tidak terpakai lagi termasuk sampah plastik. Kelas saya waktu itu menang juara berapa gitu, duh lupa. Pastinya bukan saya yang jadi modelnya hehe.

Sebenarnya jika semua orang mempunyai kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang, membuat aneka ragam kerajinan, bahkan diuangkan, tentu negeri kita yang kita cintai ini akan lebih indah. Bayangkan saja, bayangin aja dulu kalau kita menyusuri jalan tidak ada sampah. Kemudian, bayangkan ketika setiap rumah dekorasinya dibuat sendiri dengan memanfaatkan kerajinan dari bahan plastik dan sejenisnya. Wah betapa bahagianya kita semua.

SUATU SAAT NANTI AAMIIN

Baiklah lanjut langsung saja, ini dia Kerajinan dari Bahan Plastik yang sudah kamu tunggu-tunggu. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menaruh belanjaan ketika pergi ke pasar.

Jangan Buang Kemasan Rinso, Yuk Bikin Tote bag/Tas

Kamu bisa mendaur ulang sampah plastik dengan menggunakan kemasan deterjen Rinso. Bisa juga gunakan kemasan deterjan lain, tetapi dalam langkah berikut ini saya akan menceritakannya dengan menggunakan kemasan Rinso.


Baca juga: Yuk Baca! 5 Permainan Anak SD yang Mendidik


Sobat bisa gunakan kemasan ukuran 1,8kg untuk membuat Tote bag atau tas. Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Kemasan Rinso yang jenis deterjen bubuk ukuran 1,8kg dibutuhkan 4 sampai 5 buah.
  • Alat untuk menjahit, bisa gunakan cara manual jarum dan benang atau mesin jahit.
  • Gunting, lem, dan sejenisnya.
  • Kain lembut untuk handle tas kamu.

Langkah-langkahnya:
  1. Bersihkan 4 kemasan Rinso yang sudah disiapkan. Pangkas bagian tepi kemasan agar bisa dibentangkan lebar.
  2. Setelah selesai, bentangkanlah 2 buah kemasan. Lalu, jahit kedua sisi kemasan searah vertikal agar bisa dihubungkan.
  3. Ada sisa 2 buah kemasan lagi, jahit juga kedua sisinya hingga menyerupai kantong yang besar.
  4. Jahit bagian bawah kemasan agar lebih kuat.
  5. Gunakan lem untuk merekatkan kemasan.
  6. Jahit kain yang sudah disediakan untuk membentuk tote bag secara sempurna.
  7. Jika tote bag yang dibuat kurang besar untuk menampung belanjaan, bisa jahit lagi dengan menambahkan beberapa kemasan.

Baiklah itu saja yang bisa saya share mengenai Kerajinan dari Bahan Plastik yang Bisa Sobat Coba. Terima kasih.

3 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Saya juga pernah saat SMA ditugasin ama bu guru buat tas dari plastik kemasan sabun gitu, hasilnya cakep juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya pas dulu-dulu masa SMA sering banget ada tugas daur ulang. Jangankan daur ulang, sampah yang bisa dijual ya saya jual kak😂

      Delete
  2. jadi inget di kampung dulu, tuh ibu-ibu se gang bikin kerajinan dari plastik-plastik bekas semacam rinso gitu, tapi sekarang udah mandek, nggak tau kenapa, haha..

    kreatip sih ini ya, jadi nggak harus beli, bisa nyetok malah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post