Ini Dia Pengertian Artikel dan Jenis-jenisnya

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
pengertian artikel dan jenis-jenis artikel

Beberapa hari yang lalu saya memperoleh pertanyaan terkait artikel. Katanya, "Kak gimana sih bikin artikel ?" Atau bahkan ada yang meminta dibuatkan artikel untuk tugas kuliah. Hem, nampaknya saya perlu belajar lagi mengenai apa itu artikel, pengertian artikel.

Berhubung corona dan #dirumahaja, saya mengikuti seminar non tatap muka. Alias online! Biarpun online yang penting ilmunya dapet. Disadur dari notulensi diskusi oleh Kelompok Studi Ekonomi Islam FKSI UNIB, saya memperoleh ilmu yang cuma-cuma ini. Diskusi tersebut memiliki tema "Tips dan Trik Kepenulisan Artikel."

Sebenarnya apa sih artikel itu? Tulisan saya ini termasuk artikel enggak ya?

Berdasarkan buku The America Heritage Desk Dictionary, pengertian artikel adalah sebagai bagian dari tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, serta bagian dari penerbitan seperti laporan dan esai.

Sama halnya dengan yang dikatakan oleh buku yang berjudul Longman Pitman Office Dictionary, bahwa artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain

Jika menilik pengertian di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian Artikel merupakan karya tulis lengkap misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya.

Tartono sedikit menyempitkan pengertian dari artikel. Artikel menurutnya adalah sebuah karangan atau prosa yang di muat dalam media massa yang membahas isu tertentu, polemik, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas (Tartono 2005:84).

Secara umum, pengertian artikel adalah tulisan atau karangan pendek. Karangan tersebut secara umum berkisar antara 300 sampai 1.000 kata yang membahas tema tertentu. Artikel ditulis bertujuan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, konsep atau pendapat tertentu.

Ada dua jenis artikel yang dilihat dari penulisnya, yaitu:
  • Artikel Redaksi
  • Artikel Umum.

Artikel redaksi adalah artikel yang ditulis oleh sebuah redaksi, seperti media massa fisik maupun non-fisik (media online). Sedangkan, artikel umum adalah artikel yang ditulis secara umum, biasanya dilakukan oleh khalayak umum, mahasiswa, dosen maupun guru. Termasuk saya! Saya adalah khalayak umum yang menulis artikel di blog. Jadi, konten ini merupakan artikel dengan kategori artikel umum. Jika ditanya, pernah tidak menulis artikel? Ini saya lagi nulis cuy :v

Selain itu, artikel juga dapat dilihat dari isinya. Berdasarkan isinya, maka artikel terbagi menjadi 5 kategori berikut ini.

Pengertian Artikel dan Jenis-jenis Artikel


1. Artikel Deskripsi
Pengertian artikel deskripsi adalah karangan yang ditulis untuk menggambarkan suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkan serta merasakannya. Biasanya artikel deskripsi ini disebut sebagai artikel gambar, karena artikel ini umumnya berisi gambaran keadaan, kejadian dan peristiwa. 

Contoh kalimat pada artikel deskripsi adalah:

Aku kembali teringat momen itu. Diriku yang gemar mengamati sekitar. Sedang duduk seorang diri bersama koper yang dipegang.

Di bawah pohon rindang, aku melihat sekitar. Kala itu, ada seorang bapak penyapu jalanan yang sedang membersihkan dedaunan. Seketika diriku refleks untuk berdiri dan agak menjauh. Memberikan ruang kepada si bapak untuk membersihkannya. Katanya, "Lah kenapa berdiri dek, gapapa ini dikit kok. Duduk aja hehe."

2. Artikel Narasi
Pengertian artikel ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Ada dua jenis dari artikel narasi yaitu karangan narasi yang berisi fakta dan bukan fakta (fiksi). Contoh karangan narasi yang berisi fakta, ada pada penulisan biografi atau kisah pengalaman.

Kemudian, ada artikel narasi yang berisi fiksi contohnya ada pada penulisan isi cerpen, novel, dll.
Jika ingin membaca artikel narasi yang berisi fiksi, bisa baca disini:
[CONTOH CERPEN] Secarik Kertas

3. Artikel Eksposisi
Artikel ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Topik tersebut dapat berupa uraian mengenai definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Bisa juga berisi mengenai langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu. Terkadang terdapat unsur opini pribadi dalam artikel jenis ini, terkadang juga tidak (terutama pada penjabaran definisi ilmiah).

Jika ingin melihat contoh artikel eksposisi, SobatKus bisa mengeceknya disini:
Gampang Banget! Cara Mudah Membuat Resensi Buku

4. Artikel Argumentasi
Artikel ini merupakan karangan yang berisi opini atau pendapat baik secara pribadi, oranisasi atau instansi.  Penulisan artikel argumentasi dilatarbelakangi oleh kritik terhadap suatu fenomena yang terjadi. Fenomena tersebut bisa muncul dari pendapat seseorang yang sedang hangat dibicarakan, bisa muncul atas keadaan atau kebijakan yang baru terjadi.

5. Artikel Persuasi
Pengertian Artikel ini merupakan karangan yang berisi kalimat-kalimat ajakan atau bersifat membujuk alias persuasif. Tulisan tersebut akan memberikan efek terhadap pembaca. Efek yang dimaksud adalah dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan sesuatu atau meninggalkan sesuatu.

Artikel persuasi biasanya banyak digunakan oleh pebisnis, konsultan, agamawan, psikolog, terapis, pengambil kebijakan dan khalayak umum yang dapat menggiring orang lain untuk menerima serta melakukan apa yang mereka tawarkan. Termasuk saya, saya juga bisa mengajak SobatKus untuk melakukan apa yang saya tawarkan.

Contohnya pada ajakan Berdonasi Seikhlasnya Untuk Keluarga Terdampak Covid-19. Baca artikelnya disini:

Baiklah sekian informasi mengenai pengertian artikel dan jenis-jenisnya pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat ya :D

Salam, Kuskus Pintar.

32 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Kira2 tulisan yg selama ini gue buat masuk artikel yg mana yah...?
    Tapi yaudahlah yah, yg penting nulis ehh ngetik.. terus di post, syukur2 bisa bantu orang.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya campur sih kak hehe

      Yup, menulislah selagi masih bisa menulis hehe

      Hapus
  2. Ternyata artikel itu ada banyak macamnya ya.
    Terus kira-kira selama ini aku nukisnya artikel apa ya?
    Kayaknya sih campur-campur. 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya, saya juga baru nyadar kalo artikel itu banyak macamnya.

      Ya gitu, kayaknya campur sih kak. Banyak berfokus ke cerita perjalanan yah artikelnya kak Rudi😀

      Hapus
  3. Aku juga ikut tanya, ya ...
    Kira-kira artikelku itu masuk kategori yang mana 😁

    Kasi tau donk yaaa .. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah malah ikutan nanya🤣

      Kalo dilihat dari penulisnya, kak himawan artikelnya masuk ke kategori Artikel umum. Kebanyakan bahas wisata yakan kak, kemungkinan artikelnya banyak menggunakan jenis Deskripsi atau menggambarkan gitu hehe

      Hapus
  4. Kembali diingatkan mengenai artikel. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  5. Makasih gan, udah di notif, padahal udah hampir lupa hehehebe

    BalasHapus
  6. Oh baru tahu sekarang, jadi artikel bukan hanya yang ditulis di website saja ya...? terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener. Ada yang namanya artikel ilmiah, nah itu kadang ada yang dicetak dalam jurnal (kumpulan artikel ilmiah). Itu juga disebut artikel.

      Hapus
  7. Wah bermanfaat sekali. Saya juga lagi butuh materi ini untuk pembelajaran saya nanti. Makasih kak infonya sangat bermanfaat ;)

    BalasHapus
  8. Ini materi penting nihh bagi para blogger. Jadi bisa tau jenis jenis artikel apa aja 😁

    BalasHapus
  9. kalau di dunia blogger, menulisnya campur sari mungkin ya..
    terimakasih informasinya. Artikelnya sangat menarik.

    BalasHapus
  10. Wah ini kalo gk salah pelajaran bahasa Indonesia di SMP dulu jadi keinget lagi, makasih informasinya

    BalasHapus
  11. Materi nya bagus lengkap tentang artikel

    BalasHapus
  12. Serasa pelajaran bahasa indonesia, overall bagus nih

    BalasHapus
  13. Sangat berguna ini untuk nulis artikel di blog. Jadi tau macam-macam artikelnya. Tambahin artikel SEO mbak he..he... BTW apa ganti template blog ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah artikel seo saya masih belajar kak.

      Iya nih ganti template baru

      Hapus
  14. Mantappss Kak Res*i* Jadii tauu arti dan jenisnyaa artikel hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun nama saya disensor berasa kayak brand aja wkwk

      Hapus
  15. Wah jadi berasa belajar bahasa Indonesia lagi. Makasih kak udah membatu mengingatkan.

    BalasHapus
  16. kalo aku sih nulis sesuai dengan infirmasi yang dibutuhkan oleh orang aja, to the point dan gak banyak basa basi

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama