Ini Dia Pengertian Artikel dan Jenis-jenisnya

Daftar isi [Tampil]
pengertian artikel dan jenis-jenis artikel

Beberapa hari yang lalu saya memperoleh pertanyaan terkait artikel. Katanya, "Kak gimana sih bikin artikel ?" Atau bahkan ada yang meminta dibuatkan artikel untuk tugas kuliah. Hem, nampaknya saya perlu belajar lagi mengenai apa itu artikel, pengertian artikel.

Berhubung corona dan #dirumahaja, saya mengikuti seminar non tatap muka. Alias online! Biarpun online yang penting ilmunya dapet. Disadur dari notulensi diskusi oleh Kelompok Studi Ekonomi Islam FKSI UNIB, saya memperoleh ilmu yang cuma-cuma ini. Diskusi tersebut memiliki tema "Tips dan Trik Kepenulisan Artikel."

Sebenarnya apa sih artikel itu? Tulisan saya ini termasuk artikel enggak ya?

Berdasarkan buku The America Heritage Desk Dictionary, pengertian artikel adalah sebagai bagian dari tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, serta bagian dari penerbitan seperti laporan dan esai.

Sama halnya dengan yang dikatakan oleh buku yang berjudul Longman Pitman Office Dictionary, bahwa artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain

Jika menilik pengertian di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian Artikel merupakan karya tulis lengkap misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya.

Tartono sedikit menyempitkan pengertian dari artikel. Artikel menurutnya adalah sebuah karangan atau prosa yang di muat dalam media massa yang membahas isu tertentu, polemik, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas (Tartono 2005:84).

Secara umum, pengertian artikel adalah tulisan atau karangan pendek. Karangan tersebut secara umum berkisar antara 300 sampai 1.000 kata yang membahas tema tertentu. Artikel ditulis bertujuan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, konsep atau pendapat tertentu.

Ada dua jenis artikel yang dilihat dari penulisnya, yaitu:
  • Artikel Redaksi
  • Artikel Umum.

Artikel redaksi adalah artikel yang ditulis oleh sebuah redaksi, seperti media massa fisik maupun non-fisik (media online). Sedangkan, artikel umum adalah artikel yang ditulis secara umum, biasanya dilakukan oleh khalayak umum, mahasiswa, dosen maupun guru. Termasuk saya! Saya adalah khalayak umum yang menulis artikel di blog. Jadi, konten ini merupakan artikel dengan kategori artikel umum. Jika ditanya, pernah tidak menulis artikel? Ini saya lagi nulis cuy :v

Selain itu, artikel juga dapat dilihat dari isinya. Berdasarkan isinya, maka artikel terbagi menjadi 5 kategori berikut ini.

Pengertian Artikel dan Jenis-jenis Artikel


1. Artikel Deskripsi
Pengertian artikel deskripsi adalah karangan yang ditulis untuk menggambarkan suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkan serta merasakannya. Biasanya artikel deskripsi ini disebut sebagai artikel gambar, karena artikel ini umumnya berisi gambaran keadaan, kejadian dan peristiwa. 

Contoh kalimat pada artikel deskripsi adalah:

Aku kembali teringat momen itu. Diriku yang gemar mengamati sekitar. Sedang duduk seorang diri bersama koper yang dipegang.

Di bawah pohon rindang, aku melihat sekitar. Kala itu, ada seorang bapak penyapu jalanan yang sedang membersihkan dedaunan. Seketika diriku refleks untuk berdiri dan agak menjauh. Memberikan ruang kepada si bapak untuk membersihkannya. Katanya, "Lah kenapa berdiri dek, gapapa ini dikit kok. Duduk aja hehe."

2. Artikel Narasi
Pengertian artikel ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Ada dua jenis dari artikel narasi yaitu karangan narasi yang berisi fakta dan bukan fakta (fiksi). Contoh karangan narasi yang berisi fakta, ada pada penulisan biografi atau kisah pengalaman.

Kemudian, ada artikel narasi yang berisi fiksi contohnya ada pada penulisan isi cerpen, novel, dll.
Jika ingin membaca artikel narasi yang berisi fiksi, bisa baca disini:
[CONTOH CERPEN] Secarik Kertas

3. Artikel Eksposisi
Artikel ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Topik tersebut dapat berupa uraian mengenai definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Bisa juga berisi mengenai langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu. Terkadang terdapat unsur opini pribadi dalam artikel jenis ini, terkadang juga tidak (terutama pada penjabaran definisi ilmiah).

Jika ingin melihat contoh artikel eksposisi, SobatKus bisa mengeceknya disini:
Gampang Banget! Cara Mudah Membuat Resensi Buku

4. Artikel Argumentasi
Artikel ini merupakan karangan yang berisi opini atau pendapat baik secara pribadi, oranisasi atau instansi.  Penulisan artikel argumentasi dilatarbelakangi oleh kritik terhadap suatu fenomena yang terjadi. Fenomena tersebut bisa muncul dari pendapat seseorang yang sedang hangat dibicarakan, bisa muncul atas keadaan atau kebijakan yang baru terjadi.

5. Artikel Persuasi
Pengertian Artikel ini merupakan karangan yang berisi kalimat-kalimat ajakan atau bersifat membujuk alias persuasif. Tulisan tersebut akan memberikan efek terhadap pembaca. Efek yang dimaksud adalah dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan sesuatu atau meninggalkan sesuatu.

Artikel persuasi biasanya banyak digunakan oleh pebisnis, konsultan, agamawan, psikolog, terapis, pengambil kebijakan dan khalayak umum yang dapat menggiring orang lain untuk menerima serta melakukan apa yang mereka tawarkan. Termasuk saya, saya juga bisa mengajak SobatKus untuk melakukan apa yang saya tawarkan.

Contohnya pada ajakan Berdonasi Seikhlasnya Untuk Keluarga Terdampak Covid-19. Baca artikelnya disini:

Baiklah sekian informasi mengenai pengertian artikel dan jenis-jenisnya pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat ya :D

Salam, Kuskus Pintar.
Lebih baru Lebih lama