10+ Menu Catering Pernikahan Modern yang Praktis & Enak

Daftar isi [Tampil]
Menu Catering Pernikahan Modern
Menu Catering Pernikahan Modern

Memilih menu catering yang akan diberikan pada tamu undangan di hari pernikahanmu, tentu saja harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Misalnya saja, dengan memilih sejumlah menu catering pernikahan modern yang terdiri dari berbagai jenis makanan dan juga minuman.

Menu catering pernikahan, biasanya akan disediakan secara langsung oleh vendor catering. Mereka, akan menyediakan makanan sesuai dengan request atau sesuai dengan permintaan pelanggan. Terkadang juga, mereka sudah menyediakan sejumlah paket untuk ditawarkan. 

Nah, kalau kamu mau memakai menu catering pernikahan modern, baiknya cari vendor catering yang menyediakan layanan menu sesuai permintaan saja. Kalau pakai paket, biasanya susah mau di-custom. Tapi, kalau mau sesuai permintaan, biasanya harganya lebih mahal. 

Paket menu catering itu, ada karena mereka bisa menghitung secara jelas berapa keuntungan yang bisa didapatkan lalu mereka akan menetapkan harga yang menurut banyak pelanggan, terjangkau. Tapi kalau request sendiri, mereka tidak akan bisa menetapkan harga yang sama seperti harga paket. 

Jadi, mungkin kamu harus menyiapkan budget yang cukup besar jika ingin custom menu catering pernikahan modern yang akan disuguhkan pada setiap tamu undangan pernikahan yang datang. Kalau menunya sendiri, bisa kamu lihat pada uraian berikut.

Tips Menentukan Pilihan Menu Catering Pernikahan

Sebelum masuk ke pembahasan apa saja menu catering pernikahan modern, baiknya simak dulu sejumlah tips yang harus dilakukan. Beberapa tips berikut, akan sangat membantumu saat dalam proses memilih menu makanan yang cocok untuk disuguhkan kepada pada tamu undangan: 

1. Budgeting

Pertama, tips datang dari segi anggaran. Hal ini harus direncakan terlebih dahulu sebelum kamu memilih vendor catering pernikahan yang akan digunakan. Apalagi, kalau kamu hanya punya anggaran yang pas-pasan. Jika tak ingin anggaran bocor, maka jangan lupa untuk merencakannya terlebih dahulu. 

2. Konsep

Kedua, konsep juga sangat penting untuk dibuat terlebih dahulu. Berhubung kamu ingin mencari menu catering pernikahan modern, maka mau tidak mau, sedari awal kamu harus konsisten menggunakan menu tersebut. Pastikan tidak ada perubahan konsep saat mulai memilih vendor dan sudah memesan sejumlah menu. 

3. Porsi Cukup dan Beragam

Ini juga merupakan tips yang tak kalah penting. Kamu harus menghitung dulu kira-kira ada berapa tamu undangan yang akan datang. Jika sudah menghitung, maka nanti kamu bisa memberikan estimase total porsi yang akan diberikan. Tapi biasanya, vendor pernikahan akan memberikan porsi double untuk setiap jumlah pesanan. 

Tak hanya harus membuat porsi makanan dan minuman yang cukup bagi seluruh tamu undangan. Kamu juga harus memastikan bahwa menu catering yang digunakan, cukup beragam. Jangan hanya ada satu jenis makanan atau minuman saja. Tamu undangan bisa ngomong di belakang kalau menunya hanya satu-dua. 

4. Pertimbangkan Vendor

Tak hanya ketiga pertimbangan di atas saja, kamu pun harus mempertimbangkan vendor catering yang akan digunakan. Jangan sampai menggunakan vendor yang menawarkan paket lebih tinggi dibandingkan rencana budget awalmu. Hal ini perlu dilakukan agar biaya catering tidak membengkak. 

5. Testfood Lebih Dulu

Demi lidah para tamu undangan, kamu harus berupaya membuat mereka puas atas menu catering yang disediakan. Sebelum memilih salah satu vendor, pastikan kamu telah melakukan testfood terlebih dahulu. Ini untuk jaga-jaga saja dari kemungkinan hidangan yang kurang sedap dan kurang memanjakan lidah. 

Menu Catering Pernikahan Modern

Setelah sedikit tahu tentang apa saja tips sebelum menentukan pilihan menu catering pernikahan modern, sekarang kamu baru bisa mengetahui apa saja menu yang dikatakan sebagai menu catering modern. Kalau kamu penasaran, bisa langsung cek uraian berikut: 

1. Aneka Macam Nasi

Pertama, tentu saja yang harus ada dalam menu catering pernikahan modern adalah aneka macam nasi. Kamu bisa memilih sejumlah jenis nasi untuk disediakan di dalam acara pernikahanmu seperti nasi liwet, nasi rames, nasi biasa, nasi merah, nasi goreng, dan lain sejenisnya. 

Biasanya, yang paling sering digunakan itu, hanya nasi putih dan juga nasi goreng. Hampir seluruh resepsi pernikahan yang terselenggara, selalu menyediakan menu ini bagi para tamu undangannya. Maklum, Indonesia. 

2. Aneka Olahan Ayam

Ini juga jangan sampai terlewat dari pertimbanganmu. Sepertinya, olahan ayam tidak pernah gagal menampilkan kesan modern dalam setiap sajian makanan. Terutama kalau kamu ingin menyediakan menu catering pernikahan modern. Kamu bisa pilih sejumlah olahan ayam yang ada. 

Misalnya saja, olahan ayam goreng bumbu bali, ayam goreng mentega, rica-rica, lapis keju, sate ayam, ayam kecap, ayam cusnut, ayam bumbu rujak, dan masih banyak lagi. Silakan konsultasikan terlebih dahulu dengan penyedia catering pernikahan yang kamu pilih untuk menentukan olahan apa yang tepat. 

3. Aneka Soup

Tak hanya olahan ayam saja, kamu juga bisa memilih aneka jenis soup. Jenis makanan ini harus kamu sediakan karena tidak semua tamu undangan yang datang, memiliki selera masakan kering. Nah, dengan kamu menyediakan aneka soup, tamu undangan yang suka makanan basah, juga bisa menikmatinya. 

Silakan pilih olahan sop ayam, sop kimlo, sop jagung, bakso, dan lain sebagainya. Biasanya, ini jadi opsi makanan tambahan kalau di acara resepsi pernikahan. 

4. Aneka Masakan Daging

Kalau kamu punya budget lebih, ada baiknya memilih menu catering pernikahan modern satu ini. Kamu bisa memilih aneka masakan daging untuk dihidangkan. Tapi ya, tentu saja harganya cukup mahal jika ingin memesannya. Setiap olahan daging, biasanya memang cukup mahal. 

Jika kamu tertarik, kamu bisa menyediakan olahan daging seperti daging teriyaki, daging lada hitam, krengseng, rica-rica, rendang, cah daging, printil daging, dan masih banyak lagi. 

5. Aneka Olahan Sayur

Tentu saja, menu makanan masih belum seimbang jika belum ada sayuran sebagai pendamping makanan utama. Kamu bisa menambahkan sejumlah olahan sayur seperti asinan, gado-gado, capcay, dan masih banyak lagi. Harap konsultasi dulu dengan vendor katering untuk menemukan olahan sayur yang sesuai dengan menu lain. 

6. Aneka Minuman

Tentu saja, kamu juga masih harus menyediakan minuman bagi para tamu undangan yang datang. Kalau tak ada minuman, bisa dipastikan banyak tamu undangan yang tersedak dan tenggorokannya kering lantaran habis makan tidak ada minuman. Kamu bisa sediakan minuman sederhana seperti air putih saja. 

Jika memang berkenan, kamu juga bisa memilih sejumlah minuman lain seperti jus dari berbagai buah, minuman bersoda, sirup, eskrim, teh, kopi, dan berbagai jenis minuman lainnya. 

7. Buah-buahan

Terkadang, ada tamu undangan yang ogah-ogahan untuk makan nasi atau berbagai macam olahan lain yang disediakan. Mereka dengan karakteristik ini, biasanya memilih untuk makan buah saja. Jadi, kamu kalau kasihan dengan tamu undangan tipe tersebut, sediakan saja buah-buahan untuk mereka. 

Kamu bisa bebas memilih jenis buah yang akan disajikan. Boleh melon, semangka, mangga, nanas, pepaya, apel, dan berbagai jenis buah-buahan lainnya. Biasanya juga, buah-buahan akan dipilih untuk makanan pencuci mulut setelah makan-makanan berat. Tidak ada salahnya menyediakan buah dalam menu cateringmu. 

8. Kerupuk

Sebagai kerupuk enjoyer, penulis sangat menyarankan agar kamu menyediakan kerupuk dalam menu catering pernikahan modern. Walaupun kerupuk bukan makanan modern, tapi biasanya sangat berguna sebagai pendamping makanan berat. Apalagi kalau kamu menyediakan nasi goreng. 

Selain itu, kerupuk sangat cocok bagi menu catering pernikahan yang menyediakan berbagai macam olahan dengan cara digoreng. Menu catering tanpa kerupuk, ibarat makan nasi padang tanpa sambal hijau dan rendang. Kurang pas dan kurang afdol jika tidak disediakan. 

9. Snack

Kamu pun dapat menyediakan snack sebagai menu catering pernikahan modern. Silakan pesan snack kering atau bisa juga menggantinya dengan kue basah. Kamu bisa pilih sejumlah jenis camilan agar nantinya, tamu yang berdatangan bisa santai sejenak dan ngobrol sambil menikmati snack. 

Menu Pendamping dalam Catering Pernikahan Modern

Jika kamu masih punya budget lebih, ada baiknya untuk menyiapkan sejumlah menu pendamping berikut ini: 
  • Siomay
  • Bakso
  • Soto 
  • Pempek
  • Dimsum
  • Zupa soup
  • Sate ayam

Penutup

Nah, dengan sejumlah referensi di atas, kamu bisa mewujudkan pernikahan yang menyediakan menu catering pernikahan modern. Selain itu, referensi di atas juga bisa dipilih bagi kamu yang ingin membuka usaha catering. Semoga informasi ini cukup membantu, ya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama