Ide Bisnis Unik Mahasiswa yang Murah Meriah

Daftar Isi [Tampil]
ide bisnis unik mahasiswa


Langit cerah awan biru,

Hei kamu pasti udah nunggu.

Pantun pengantar yang cukup maksa, tetapi bolehlah untuk basa-basi di awal paragraf.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa mahasiswa sudah bukan lagi level siswa. Maha-siswa artinya tingkat kreativitas, intelektual, kemandirian, dan lainnya sudah berada di atas seorang siswa sekolah.

Mahasiswa dituntut lebih mandiri dalam mengarungi kehidupan perkuliahan. Apalagi bagi mahasiswa, perlu banget cari tahu agar kuliah menjadi lancar. Salah satu cara dalam upaya adaptasi peralihan dari siswa ke mahasiswa dengan sedikit SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) dengan kakak tingkatmu.

Kakak tingkat tentu lebih dulu mencicipi asam-manis kehidupan kuliah, jadi apa salahnya untuk meminta tips agar kuliah menjadi lancar.

Selain itu, sebenarnya banyak cara agar kita bisa mudah beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan. Kan malu tuh ya kalau ujug-ujug langsung tanya kakak tingkat mengenai seluk-beluk perkuliahan.

"Kenal enggak, eh sok dekat banget sih ini anak."


Mungkin sebagian dari kita yang memiliki sifat pemalu akan berpikir seperti yang di atas. Takut dikira sok dekat, padahal kenal juga baru beberapa hari.


Nah, sebenarnya kalau tips dari saya lakukan SKSD secara halus. Bisa dengan ikut berorganisasi. Sobatkus bisa ikut organisasi intra kampus ataupun organisasi ekstra kampus. Saya sendiri waktu menjadi mahasiswa baru ada banyak organisasi yang saya coba, dari tingkat fakultas hingga universitas.

Paling asyik saat berorganisasi itu, kita tidak canggung untuk mengobrol dengan kakak tingkat. Pada saat menunggu waktu rapat atau agenda rutin, di sela-sela waktu menunggu itu kami sering mengobrol perihal dunia kampus. Satu, dua, tiga, lontaran pertanyaan mengenai kampus saya lempar ke kakak tingkat saya.

Beruntungnya, kakak tingkat bercerita tentang banyak hal. Nah, dari sana saya tau banyak tips rahasia agar lancar ketika kuliah hingga ide bisnis unik mahasiswa.

O iya satu lagi, ketika kita masih menjadi mahasiswa baru biasanya akan sering mendapat ajakan untuk bisnis. Sebelum saya memasuki dunia perkuliahan, guru ekonomi saya di SMA pernah berpesan seperti demikian.

Hati-hati bae kalian kalo lah masuk kuliah, banyak tawaran ikut bisnis. Sisip dikit abes duet.

Intinya mengimbau kepada kami agar tidak mudah terlena dengan ajakan bisnis. Bisnis itu lho LML (eh plesetan). Bisnis yang kalau kita ngajak si A bisa dapet bonus, dan ketika si A berhasil mengajak si B kita tetap mendapatkan bonus. Semacam bisnis yang bertingkat, di mana posisi yang di atas akan mengalir komisi dari bawah hanya dengan mengayunkan kaki.

Tidak satu atau dua mahasiswa baru yang pernah diajak bisnis demikian, tetapi ada banyak yang terlena. Memang secara branding ada beberapa yang sukses, tapi sisanya patut dipertanyakan. Ini sebuah cerita yang saya peroleh dari teman-teman di sekitar saya. Sewaktu maba dulu juga sering mendapat ajakan seperti ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kadang ketika saya duduk sendirian di perpus, suka sekali ada yang menghampiri. Hingga ada saja yang chat personal melalui media sosial. Ya begitulah sistem marketing-nya, semakin banyak mengajak anggota baru maka semakin banyak pula memperoleh keuntungan.

Daripada pusing dengan sistem bisnis begitu, yuk sini saya kasih ide bisnis unik mahasiswa yang murah meriah. Tentunya tidak mencekik bagi pelaku usahanya.

Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

Kakak-kakak tingkat saya di organisasi ada banyak yang memiliki bisnis. Selain memperoleh uang dari orang tua atau beasiswa, mereka juga pandai menghasilkan uang dengan sendiri.

Ada banyak jenis bisnis untuk mahasiswa pemula yang bisa kita lakukan. Jangan takut tidak ada modal, karena berbisnis bisa dimulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Tetapi, jika berani mengambil resiko dengan mengeluarkan modal besara sok mangga saya tidak mempermasalahkannya.

Bagi saya tidak ada yang namanya "Modal sekecil-kecilnya, untung sebesar-besarnya." Prinsip yang benar adalah modal berbanding lurus dengan hasil. Kalau mau untung yang gede, tentu harus berani mengeluarkan modal yang gede pula.

Bagi sobat yang masih dalam tahap memulai bisnis, ada baiknya untuk memulai dari yang kecil-kecil terlebih dahulu dengan modal yang juga kecil. Tidak mengapa produk atau jasa yang kita mulai itu untungnya sedikit, kan sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit hehe.


Ide Bisnis Unik Mahasiswa yang Murah Meriah

Sudah penasaran belum mengenai ide bisnis unik mahasiswa yang murah meriah ? Dari tadi pengantar mulu, belum ke intinya.

Oke, berikut ini ide bisnis unik yang bisa kamu terapkan di dunia perkuliahan.

Jasa Pengetikan 10 Jari


ide bisnis unik mahasiswa


Dulu saya pernah belajar mengetik 10 jari di kelas Aplikasi Komputer di jurusan saya Akuntansi. Nyerah saya, ngetik 10 jari tanpa melihat keyboard. Gak sukses terus.

Nah, kalo teman-teman mahir mengetik 10 jari ini dijamin mantep deh. Coba sobat perhatikan di keyboard laptop pada huruf dua huruf yakni F dan J. Dua huruf tersebutlah yang menjadi kunci atau pegangan saat mengetik sepuluh jari. Kenapa demikian ? Karena di dua huruf tersebut terdapat benjolan (penanda) sebagai kunci huruf yang lainnya. F untuk kunci blok sebelah jari kiri kita, dan j untuk sebelah kanan.

Hanya bermodalkan kemampuan mengetik 10 jari, laptop bisa pakai yang di perpus hehe. Kalau punya laptop sendiri malah tambah bagus. Dengan dua hal itu kamu bisa membuka jasa pengetikan 10 jari. Biasanya jasa ini menyasar anak-anak yang banyak diberi tugas menyalin atau merangkum sebuah jurnal yang tidak bisa di copy-paste. Jasa pengetikan 10 jari juga bisa dibuka untuk membantu mahasiswa yang sedang skripsi, pengetikan artikel blog, dan banyak lagi.

Jasa Antar-Jemput Tugas

Saya rasa bisnis yang satu ini juga terbilang unik. Di kampus saya banyak sekali jasa antar jemput tugas, biasanya merangkap pula pemesanan makanan secara online dan lain sebagainya.

Tambah bagus lagi ketika sobat membuka jasa print dan fotocopy tugas, bisa lebih leluasa dengan menawarkan bonus jasa antar-jemput dengan mudah.

Tak perlu yang mahal-mahal, bisa berinvestasi yang kecil terlebih dahulu dengan membeli printer ukuran kecil (hanya print saja). Saya rasa masih bisa dijangkau dengan harga 500 ribuan. Jika belum mencukupi, bisa dikumpulkan atau ditabung terlebih dahulu dengan jasa antar jemput tugas dulu. 

Ide Bisnis Antar-Jemput Kampus

Salah satu pilihan ide bisnis unik mahasiswa yang bisa kamu coba adalah dengan memberikan jasa antar jemput kampus.

Memang modal yang diperlukan cukup besar yakni harus mempunyai kendaraan. Ide yang satu ini masuk sebagai pilihan karena kemudahannya, kamu hanya perlu mengeluarkan modal di awal selebihnya hanya suntikan bensin. 

Banyak diantara kakak tingkat saya yang terjun di bisnis ini. Dari pada motor nganggur terus rebahan sambil nonton drakor, lebih baik mengisi waktu luang dengan ide bisnis antar-jemput kampus saja. Murah meriah hanya bermodalkan bensin.


Pendamping Muncak


ide bisnis unik mahasiswa



Kamu anak Mapala ? Mahasiswa Pecinta Alam ? Suka mendaki karena hobi ? Jika iya, pastikan bahwa hobi kamu tak sekadar hobi yang hanya mengelurkan duit saja. Tetapi, jadikan pula hobi kamu sebagai tempat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Lalu, bagaimana caranya ? Simpel banget, kamu bisa menjadi pendamping muncak.

Ide bisnis unik mahasiswa yang satu ini tentu terbilang amat sangat sederhana, peralatan muncak yang sering kamu gunakan juga bisa kamu sewakan kepada temanmu. Nah, dari situ juga bisa mengalir rejeki. Selain itu, cobalah membuat paket trip muncak dengan kamu sebagai pendampingnya. Yakin deh, hobi bisa menjadi peluang memperoleh rejeki.

Cleaning Service Kos-kosan

Masih penasaran apa lagi ide bisnis unik mahasiswa selanjutnya ? Nah, ide yang satu ini juga tak kalah murah meriah denga ide yang sudah saya bocorkan di atas.

Sobat bisa menawarkan jasa cleaning service Kos-kosan. Jasa ini terlihat musiman yakni akan ramai ketika mahasiswa baru hendak pindah ke kosan yang ia sewa, kosan yang sudah lama ditinggal liburan, atau kosan yang memang tidak dirawat dengan baik eh.

Memang jasa ini terlihat sedikit peminatnya, ya kalau orang kelebihan duit dan males bersih-bersih kosan, kamu bisa menjadi pahlawan bagi mereka. Nah, di situlah letak rejeki yang akan mengalir. Hanya bermodalkan tekad dan semangat serta beberapa peralatan pendukung, kamu sudah bisa memulai bisnis untuk mahasiswa yang satu ini.

Pencari Kos-kosan

Saya sebenarnya sudah menjelaskan perihal ide bisnis yang satu ini yakni di artikel saya yang berjudul Bisnis Properti untuk Mahasiswa.

Pada artikel tersebut dijelaskan ada beberapa pilihan ketika sobat ingin terjun ke dunia bisnis properti. Salah satu pilihan yang saya tuliskan adalah dengan menjadi si Pencari Kos-kosan. Bisnis yang sangat sederhana, sobat hanya perlu mencari kos-kosan yang sekiranya kosong dan menawarkannya kepada orang-orang yang butuh.

Lalu, bagaimana cara memperoleh keuntungannya ? Sebenarnya ini bisa dilakukan ketika kamu menawarkan diri di pemilik kosan. Misal, jika memperoleh satu orang yang ingin menginap nanti kamu dibayar sekian.

Atau bisa juga ketika kamu sudah mempunya database kos-kosan atau penginapan di area kampusmu, nah bisa dibuat semacam Official Account tentu atas persetujuan pemilik. Ketika orang memesan jasamu lewat OA tersebut, kamu bisa banget deh memperoleh keuntungan dari sana hehe.


Bisnis Kerajinan Tangan

Ide bisnis yang satu ini memang terdengar klasik, tapi siapa sangka dari yang klasik seperti ini bisa memperoleh keuntungan.

Apa saja yang bisa dilakukan dengan ide bisnis unik mahasiswa melalui kerajinan tangan ? Buanyakk deh. Kebetulan saat ini lagi musin corona yang mana kita perlu masker sebagai pelengkap untuk pencegahan penularan virus. Nah, kamu bisa membuat masker kain.

Selain itu, ide bisnis kerajinan tangan yang juga bisa kamu buat seperti bros jilbab, bucket bunga atau jajanan untuk teman-teman yang selepas sidang maupun wisudaan. Bisa pula dengan membuat aksesoris lainnya.


Reseller - Bisnis Online untuk Mahasiswa

Hallo hai, jaman yang serba modern saat ini sayang sekali jika tidak dioptimalkan dengan baik. Salah satu ide bisnis unik mahasiswa yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi reseller atau penjual kembali (eh bener gak sih?).

Setahu saya, reseller ini merupakan penjual ke sekian yang menjual suatu produk. Produk tersebut bisa dibeli melalui online. Saya sarankan bagi kamu yang ingin menjadi reseller, pastikan dulu kondisi barang yang kamu jual jangan sampai terjadi yang namanya "Beli kucing dalam karung".

Menurut kepercayaan Muslim, ketika kita langsung menjual barang kepada pembeli namun kita sendiri belum tahu kondisinya ini masuk dalam kategori gharar. Artinya, barang tersebut tidak jelas. Dalam hal ini yang saya maksudkan adalah bisnis dengan sistem dropship, langsung dijual dari pihak utama ke pembeli di mana kamu sebagai penengahnya (reseller).

Saran saya, demi meminimalisir dosa yang mengalis, ketika kita menjadi reseller pastikan barang harus ada terlebih dahulu di tangan kita. Cek dan ricek hehe.


Baiklah, sekian artikel mengenai ide bisnis unik mahasiswa yang murah meriah ini. Jika kamu mempunya ide bisnis lainnya, boleh banget untuk bertegur sapa di dalam kolom komentar. Terima kasih ya.




 

13 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Ide-ide bisnis yang sangat menarik.
    Kalo saya dulu saat kuliah bisnisnya menjual buku-buku yang berhubungan ama perkuliahan. Hasilnya lumayan juga buat jajan.

    ReplyDelete
  2. Banyak juga ide untuk mahasiswa ya mbak, dari yang gratis yaitu jasa ketik sepuluh jari, cleaning servis, jasa antar jemput kampus yang harus punya kendaraan sampai kerajinan tangan juga ada. Yang tidak banyak modal gede reseller bisnis online atau dropshiper.

    Btw, saya pernah tuh ditawari bisnis yang rekrut anggota, modalnya 300 ribu nanti dapat komisi kalo bisa. Lha, emang mudah apa rekrut orang apalagi suruh bayar 300 ribu. Ogah ah.😂

    ReplyDelete
  3. Dulu juga pernah sih mirip-mirip pengetikan 10 jari sih, maklum masih jaman mesin ketik, ehhh lebih tepatnya jasa bikinin paper dan tugas. dapet duit kitanya malah makin pinter hahaha

    ReplyDelete
  4. Idenya menarik mba, apalagi mahasiswa zaman now, dengan bisnis modal murah dan mudah ngebantu banget.
    Thank for share :)

    ReplyDelete
  5. Aku pernah pake jasa kirim barang-barang sama bersihin kost kak di masa pandemi gini ngebantu banget wkwk dan itu mahasiswa, keren banget idenya.

    ReplyDelete
  6. waah cocok banget ini, apalagi buat mahasiswa karena ada dua waktu untuk kuliah juga, izin share ke sesama mahasiswa ya kak

    ReplyDelete
  7. Hmm baru tau kalo ada bisnis pendamping muncak. Bener banget itu bisa jadi ladang penghasilan buat anak-anak mapala haha

    ReplyDelete
  8. Terong bakar tak berwarna ungu
    Kuskus pintar, aku memang sudah menunggu

    Hahaha

    Eh kalo ngomongin ngetik 10 jari, kalo aku awalnya ngetik 11 jari alias pake jari telunjuk kiri dan kanan. Wkwkwk
    Eh ga ding, canda.. Kalo udah sering ngetik, rasanya lama-lama bisa sendiri ngetik 10 jari tanpa harus lihat keyboard. Terbiasa sendiri, insyaa allah hihuuihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti mas Dodo pernah usaha ketik 12 jari ya mas, yang dua jari pakai jari tangan temen.🤣

      Delete
  9. Wkwkwk ide-nya unexpected, ternyata banyak banget hal yang bisa dijadikan usaha untuk nyari uang huee nyesel saya tidak memanfaatkan waktu dengan baik😬

    ReplyDelete
  10. Kalo ngomongin MLM, menurutku bisnis itu adalah bisnis yang paling busuk yang pernah aku temui. Di iklannya gencar sekali mempromosikan hasil perolehan dari ikut bisnis itu, pokoknya nanti bakal dijanjikan sebuah kapal pesiar, mobil mewah, rumah gedong, dll yang pokoknya ngalah-ngalahin babi ngepet. Mereka cenderung menekankan untuk menarik anggota baru daripada mempromosikan produk yang mereka jual. Bahkan, ada yang bawa-bawa agama, yang katanya syariah lah, approved by sang Ulama lah, padahal masih berkedok MLM. Siapa yang rugi? Orang-orang yang ngga ngerti alias orang awam. Maunya untung malah buntung
    By the way, ...
    Pagi hari buat bolu kukus
    Hendak dimakan di waktu sore
    Berkat tipsnya Mbak Kuskus
    Boleh jadi referensi untuk mahasiswa bokek nan kere wkwk

    ReplyDelete
  11. Gils kreatif jadi kepengen langsung menerapkan nya. Kira kira apalah yang cocok untuk daku yang tidak bisa apa apa ini

    ReplyDelete
  12. Bahkan jaman sekarang ada bisnis untuk bantuin ngerjain tugas😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post