Begini Cara Presentasi yang Baik untuk Mahasiswa

Daftar isi [Tampil]
cara presentasi yang baik untuk mahasiswa


Sebagai seorang mahasiswa, sudah menjadi makanan sehari-hari untuk siap berbicara di depan kelas. Beberapa dosen banyak memberikan tugas kelompok, kemudian presentasi di depan kelas. Nah, penting bagi sobatkus yang masih mahasiswa untuk memperlajari cara presentasi yang baik untuk mahasiswa.

Dulu sebelum saya menjadi seorang mahasiswa, alias ketika masih siswa saya juga sudah mulai diberikan tugas untuk berbicara di depan umum. Dari seringnya berbicara di depan kelas, saya mulai memahami caranya belajar presentasi yang baik dan benar.

Guru saya di kelas suka memberikan tugas makalah kemudian mempresentasi hasilnya. Entah kenapa saya sangat menyukai presentasi di depan kelas. Ada rasa tertantang untuk berbicara di depan kelas, padahal saya adalah anak yang pendiam. Lho, apa masalahnya untuk anak pendiam ? Kamu bisa baca Seri introvert saya yang kedua, sudah saya bahas lengkap alasannya. Tambah bonus lagi sudah saya bahas mengenai cara agar tak takut berbicara di depan umum.

Baca di sini ya kakak : Seri Introvert 2: Jangan Takut Berbicara di Depan Umum


Pada artikel kali ini, saya berusaha menguraikan tentang cara presentasi yang baik untuk mahasiswa. Berlaku untuk kamu yang ekstrovert ataupun introvert.

Yuk, simak!

Begini Cara Presentasi yang Baik untuk Mahasiswa


1. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Seandainya saya mempunyai waktu sepuluh jam untuk menebang pohon, saya akan melewatkan delapan jam pertama untuk mengasah kapak saya. - Abraham Lincoln.
Seperti kutipan di atas, layaknya berperang kita butuh mempersiapkan perlengkapan sebaik mungkin. Ibarat penebang pohon, lebih baik lama menyiapkan untuk mengasah kapak ketimbang menggunakan kapak yang tumpul (tidak diasah terlebih dahulu).

Artinya, ada pesan tersirat yang ingin Abraham Lincoln sampaikan bahwa sesuatu yang diasah bisa dianggap sebagai skill atau pengetahuan sebelum terjun ke medan pertempuran (bisa lomba atau dunia kerja). Ya, kamu bebas menafsirkan kutipan kalimat tersebut.

Ada benang merah dari kutipan tersebut dengan cara presentasi yang baik untuk mahasiswa, di mana kamu perlu mengasah kemampuan berbicara kamu dengan sering latihan. Persiapkan diri bisa dimulai dengan latihan presentasi secara mandiri, menyiapkan fasilitas pendukung, dan catat poin-poin penting untuk presentasi.

2. Gunakan Fasilitas yang "WAH"

Apa maksud gunakan fasilitas yang WAH ? Tentu ketika ikut lomba tingkat mahasiswa, salah satu faktor yang membuat kepercayaan diri semakin meningkat adalah dengan menggunakan fasilitas yang WAH.

WAH itu potongan huruf dari kata MEWAH.

Sedikit bocoran, bagi kamu yang ingin ikut lomba di tingkat mahasiswa khususnya yang berkaitan dengan presentasi di depan juri, harus banget menyiapkan fasilitas yang WAH ini lho.

Adapun fasilitas yang sara maksud guna mendukung untuk menampilkan materi presentasi yang menarik untuk mahasiswa. Apa saja ? Ini nih intip:

Siapkan desain PPT yang WAH

Siapkan desain PPT yang menarik. Sekarang zaman sudah canggih banget, kamu bisa pakai template PPT gratis yang banyak di share oleh orang lain di internet. Mudah, simpel dan instan. Gak perlu terlalu ribet membuat desain sendiri deh.

Siapkan ringkasan atau rangkuman materi dengan POSTER

Bagi kamu yang memang niat banget memperoleh nilai yang bagus atau niat banget pengen mengambil hati juri, boleh dicoba deh pada saat lomba dengan mencetak poster berukuran A5. Tentu sebelum itu kamu perlu belajar membuat infografis terlebih dahulu.

Sekarang juga sudah banyak aplikasi yang bisa membuat infografis secara instan, tinggal gerak aja.

Antisipasi Macet Saat Presentasi, Bawa Peralatan Cadangan

Kita tidak tahu apakah nanti fasilitas yang sudah ada berjalan dengan lancar. Nah, ada baiknya sobat juga ikut menyiapkan peralatan cadangan seperti audio speaker kecil, mikrofon, laser pointer, dan HDMI. HDMI antisipasi juga, kalau seandainya panitia tidak menyiapkan.

Sebenarnya Ada Banyak Lagi Cuy

Iya serius ada banyak fasilitas WAH yang bisa kamu gunakan sebagai pendukung sata presentasi nanti. Jika kamu presentasi mengenai produk, misalnya produk makanan maka bawa produk tersebut ke hadapan dosen atau juri. Dengan membawa produk jadi, ini bisa juga menjadi nilai plus untuk kamu.

3. Pakai Pakaian yang Rapi

Tidak hanya saat mau kondangan aja kamu harus tampil cantik atau ganteng dengan pakaian yang rapi, tetapi saat presentasi juga. Apalagi saat bertemu sang pujaan hati, pasti mau tampil rapi. Nah, anggap saja dosen atau juri tersebut adalah pujaan hati kamu. Dengan demikian, sobat akan lebih menginginkan yang terbaik untuk sang kekasih dengan menggunakan pakaian yang rapi. Gimana ? Gak sulitkan untuk cara presentasi yang baik untuk mahasiswa yang ketiga ini ? Iya apa iya hehe.


4. Senyum, Salam, Sapa

3S yang selalu saya tanamkan sebelum tampil untuk presentasi.

Saya suka menggerutu seperti ini:

Ingat Res, selalu senyum. Jangan lupa salam, kemudian sapa audiens.

Begitu yang selalu saya ingat. Kamu juga lakukan hal yang demikian ya sob. Ini trik agar pembukaan presentasimu disukai audiens.

Cara membuka presentasi yang baik juga bisa kamu pelajari melalui kanal-kanal public figure. Lihat dan pelajari cara mereka. Tentu kamu juga perlu ada ciri khas dalam menuturkan setiap bait kata.

Baiklah terima kasih sudah membaca sedikit tips dari saya mengenai Cara Presentasi yang Baik untuk Mahasiswa. Semoga bermanfaat ya.

Lebih baru Lebih lama