Resensi Buku Mengenal Ekonomi Syariah

Daftar isi [Tampil]
Resensi buku


Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi hasil meresensi sebuah buku. Yuk dibaca yah.

Mengenal ekonomi syariah



Judul                : Mengenal Ekonomi Syariah
Penulis             : Madziatul Churiyah
Tahun Terbit    : Juli 2011
Penerbit           : Surya Pena Gemilang Publishing
Cetakan ke      : -
Edisi buku       : -
Jumlah Hal      : viii + 265 halaman
ISBN               : 978-602-8253-16-1
Harga              : -

Penulis buku “Mengenal Ekonomi Syariah” memiliki nama lengkap beserta gelar adalah Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M. Beliau merupakan seorang dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pernah mengenyam pendidikan Magister Ilmu Manajemen di Universitas Brawijaya Malang. Beberapa kali karya tulisnya dipublikasi, tak heran jika buku ini juga ikut lahir.

Buku ini memiliki dua tujuan yang pertama, dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan sumber buku bagi mahasiswa. Buku ini diharapkan mampu membanu para mahasiswa dalam mengkaji masalah ekonomi syariah. Kedua, saat ini masih sedikit sekali buku ekonomi syariah, khususnya yang berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, buku "Mengenal Ekonomi Syariah" hadir untuk menjadi salah satu alternatif rujukan yang dapat dijadikan sebagai referensi menambah cakrawala berpikir khususnya di bidang ekonomi Syariah.

Islam sebagai agama di dalamnya sudah sedemikian rupa mengandung konsep-konsep yang mengatur kehidupan manusia secara komprehensif dan universal. Aturan di dalamnya sudah mengatur dua hubungan yaitu hubungan dengan Sang Pencipta (habluminAllah) dan hubungan antar sesama manusia (hablumminannas).

Pada bagian awal, buku ini menjelaskan konsep dasar dari Ekonomi Islam itu sendiri. Dimana dalam ajaran Islam, ada tiga pilar pokok yang harus ditanamkan. Pertama, aqidah yakni komponen ajaran Agama Islam yang mengatur tentang keyakinan atas keberadaan dan kekuasaan Allah.

Kedua syariah yakni bagian yang mengatur tentang kehidupan seorang muslim, baik dalam bidang ibadah (habluminAllah) maupun dalam bidang muamalah (hablumminannas). Syariah inilah yang merupakan bentuk dari aktualisasi akidah yang menjadi keyakinan seorang muslim-muslimah.

Ketiga, akhlak adalah landasan perilaku dan kepribadian yang akan mencirikan dirinya sebagai seorang muslim.

Lebih lanjut buku "Mengenal Ekonomi Syariah" menyajikan pembahasan Ekonomi Islam secara kompleks.

Buku ini terdiri dari 11 Bab yang mengupas aspek ekonomi syariah. Terdiri dari:
Bab 1 Konsep Dasar Ekonomi Islam
Bab 2 Karakteristik Perekonomian Islam
Bab 3 Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
Bab 4 Perilaku Ekonomi Islam (Konsumsi)
Bab 5 Perilaku Ekonomi Islam (Produksi)
Bab 6 Kebijakan Fiskal dalam Ekonomi Islam
Bab 7 Kebijakan Moneter dalam Ekonomi Islam
Bab 8 Lembaga Keuangan Islam (Bank Syariah)
Bab 9 Lembaga Keuangan Islam (Baitul Maal Wattamwil / Bmt)
Bab 10 Lembaga Keuangan Islam (Takaful/ Asuransi Syariah)
Bab 11 Peran Negara Dalam Perekonomian Islam

Melihat dari Bab-bab yang disusun pada buku ini, kita akan diajak untuk belajar dari hal yang sangat dasar sekali terkait akar dari Ekonomi Islam. Kemudian, buku menjelaskan pula sejarah perekonomian Islam pada masa Rasulullah. Puncaknya, buku ini menjelaskan tentang keberadaan Ekonomi Islam di tengah kemodernan dunia atau ekonomi konvensional.

Kelebihan buku:
Buku ini disusun secara sistematis, dimulai dari pembelajaran konsep dasar terlebih dahulu hingga mempelajari hal yang kompleks terkait ekonomi syariah. Buku ini disajikan dengan bahasa yang ringan sehingga dapat dengan mudah untuk dimengerti. Buku ini banyak mengutip dari beberapa sumber, menjadikannya lebih berbobot sehingga enak untuk dibaca bagi mahasiswa yang ingin menjadikannya sebagai referensi penelitian atau penulisan karya ilmiah lainnya.

Kekurangan buku:
Sebagaimana kata pepatah, “Tak ada gading yang tak retak,” maka buku ini juga tidak luput dari adanya kekurangan. Buku ini cenderung menjelaskan isi secara narasi, kurangnya ilustrasi tentu ini agak membuat pembaca merasa bosan.

Dari berbagai aspek yang ada, buku ini tetap cocok untuk dijadikan sebagai rekomendasi bacaan bagi masyarakat dalam mempelajari Ekonomi Islam mulai dari dasar.

Terima kasih sudah membaca resensi buku "Mengenal Ekonomi Syariah" yang saya tulis ini. Tugas meresensi buku ini merupakan serangkaian agenda dalam FoSSEI Development Training Sumbagsel 2020. Semoga dapat bermanfaat. Sayang banget kalo gak di-posting ke blog, barang kali ada yang lagi cari referensi hehehe

Lebih baru Lebih lama