Mahasiswa Baru ? Ikuti 5 Tips Ini Agar Kuliahmu Lancar

Daftar isi [Tampil]
Pict by: Video PK2 Unsri

Senangnya dalam hati.....diterima di perguruan tinggi *Asikk

Senang sekali bukan? Jika kita diterima di salah satu perguruan tinggi, apalagi yang dituju adalah favorit hati. Bukan main senangnya.

Sebentar lagi teman-teman sekalian akan memasuki fase kuliah, setelah sebelumnya melewati serangkaian alur seleksi. Baik SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan Jalur lainnya, semuanya membuat hati berdegup kencang.

Ada pula beberapa teman-teman yang pastinya kadang merasa khawatir dan cemas, kalau-kalau tidak sesuai ekspektasi. Tenang, calm cuy.

Semua pasti akan ada jalannya lho hehe.

Perpindahan dari siswa menjadi seorang mahasiswa memanglah perlu proses adaptasi, perlahan namun pasti.

Ada beberapa tips yang bisa sobatKus ikuti di bawah ini agar mudah beradaptasi sehingga lancar-luncur dunia perkuliahannya.

Apa saja tips-tipsnya, yuk simak....

1. Jatuh Cintalah dengan Jurusanmu

Pasti disini ada beberapa sobatKus yang merasa salah jurusan, padahal mau masuk Kedokteran eh kesasar di Ekonomi. Salah jurusan banget gitukan? Tenang kawan, takdir tak salah memilihmu. Tentu ada hikmahnya di setiap momen, termasuk momen salah jurusan. Ntah salah klik jurusan pada saat seleksi, atau memang tidak lolos dan alasan lainnya, teman-teman tetap harus bersyukur atas rejekinya yah.

Tips pertama ini adalah Jatuh Cintalah dengan Jurusan sobatKus. Walau merasa salah jurusan, pelan-pelan cobalah sobat mencintai jurusan tersebut. Kuliah tidak samalah dengan sekolah. Mata kuliah pada awal semester memang hampir mirip dengan sekolah, masih bertemu dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, PKN, dan lain-lain. Tetapi, pada saat semester atas sobat akan menemui mata kuliah-mata kuliah yang sudah fokus pada bidangnya. Sehingga sobatKus perlu fokus dan mencintai jurusannya, bagaimana mau lancar kuliah jika sobat tak mencintai jurusan yang diempu?

Bagaimana cara mencintainya? Mulailah menerima kenyataan dan menyukai jurusanmu. 4 tahun bersama jurusan tersebut, sungguh menyiksa jika kita tak mencintainya bukan? hehe. Yuk mulailah belajar yang giat, rutin dan serius.


2. Pandai Memilih Teman Kuliah

Tentu selama kurang lebih 4 tahun kuliah, kita membutuhkan seorang teman. Memilih teman juga menjadi faktor keberhasilah kita selama kuliah. Memilih teman sama halnya memilih masa depan. Mau menjadi seperti apa kamu nantinya?

Teman juga penting untuk menjaga semangat, agar kita bisa terus-terusan fokus dalam mencintai jurusan dan fokus ke masa depan.

Di saat sulit kita butuh teman, tak mungkin kamu bisa bertahan tanpa seorang teman. Carilah temanmu yang sama-sama satu semangat denganmu, berteman dengan orang-orang yang satu visi bisa membuat kita semangat dalam menuntut ilmu.

Kamu bisa mencari teman kuliah dengan ikut berorganisasi lho.

3. Buat Target yang Ingin Dicapai

Kamu mau lulus berapa tahun ? 3,5 tahun atau 4 tahun atau malah lebih? hemm mari kita buat Goals yang ingin dicapai.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di saat kuliah, tentu sobatKus tidak ingin jika kuliah hanya sekadar kuliah yakan? Ayo mulailah membuat target selama kuliah, apa-apa saja yang ingin dicapai. Tulis dan tempel di tempat yang sering kamu lihat.

Kalau saya Goals-nya apa? Ada deh hehe

Sebenarnya apa sih gunanya membuat target? Ibarat kata, kita ingin keliling Indonesia tapi tidak ada target yang disasar rasanya hanya sekadar berkeliling saja. Coba kita membuat target, bulan Januari mau ke Aceh, bulan Februari ke Padang, Maret Jakarta, dan seterusnya. Dengan adanya target perjalanan kita menjadi terencana dan terarah pastinya.

Yuk, kamu bisa saja membuat target seperti ini:

1. Semester satu IP 4,00
2. Semester dua IPK diatas 3,80
3. Semester tiga mulai ikut organisasi dan lomba
4. Semester empat mulai bla bla apa saja
dst.
Di semester terakhir kamu sudah fokus skripsi dengan segala pencapaian yang sudah kamu torehkan. Mantap sekali bukan?

4. Jangan Malu SKSD dengan Senior

Ini kerjaannya saya sih*ehh
SKSD atau dikenal dengan perpanjangan dari Sok Kenal Sok Dekat. Hal ini baik digunakan, dalam tanda kutip untuk hal yang positif. Sebagai mahasiswa baru, terkadang kita memiliki hambatan untuk beradaptasi dengan segala hal yang baru kita kenal di dunia kampus. Baik dari organisasi, mata kuliah, cara mengajar dosen, dan seputar kuliah lainnya.

Kesusahan dalam mengerjakan tugas? Jika kita kenal dan dekat dengan senior, bisa saja membantu kita yang kesusahan. SobatKus juga bisa meminta tips dari senior tentang cara belajar masing-masing dosen seperti tugasnya, ulangan, hingga cara mudah dapet nilai A. Waduh hehe.

Kemudian, jika kita berhubungan dekat juga dengan senior yang aktif berorganisasi bahkan ikut kompetisi, siapa tau kita bisa diajak untuk ikut serta bergabung aktif bersamanya. Apalagi kalau senior kita punya bisnis, siapa tau diajak berbisnis kan asik juga. Sekarang ada banyak pilihan ide bisnis untuk mahasiswa, yuk dekati senior dan gali informasi.  

So, jangan malu untuk SKSD :D

5. Pintar Mengatur Keuangan

Kamu anak rantau? Jauh dari orang tua? Kudu pintar mengatur laju pengeluaran uang sehari-hari. Bisa membuat list belanjaan mingguan, belanja bulanan, hingga tahunan.

Jika kamu anak rantau, saya sarankan untuk sedikit demi sedikit belajar memasak. Dengan memasak sendiri kita akan lebih banyak memperoleh manfaat, ketimbang membeli masakan secara instan.

Pertama, manfaat memasak sendiri kamu bisa lebih menghemat pengeluaran! Wow jelaslah. Jika kita asumsikan, makan pagi Rp 5.000, siang Rp 10.000, malam Rp 10.000, anggaplah untuk makan sehari menghabiskan uang Rp 25.000. Hampir seharga ayam sekilo *kalo lagi murah meriah :v

Coba memasak sendiri, anggap saja belanja lauk dan sayur untuk stock satu minggu kita target Rp 100.000. Misal 25rb dikali 7 hari totalnya 175ribu. Dengan memasak sendiri kita bisa menghemat 75ribu, kece bangetkan? Ini hanyalah contoh semata, pun saya kalau bosen makan masakan sendiri juga beli yang instan.

Kedua, kamu bisa lebih terhindar dari segala macam makanan yang kita sendiri belum tau sehat atau tidaknya, bersih tidak cara pengolahannya dan lain-lain.

Bulanan, kamu bisa mencatat atau meng-anggarkan apa saja yang dibeli setiap bulan. Misalnya, token listrik dan kuota.

Tahunan, sisihkan untuk membeli buku atau hal lain yang bisa bermanfaat dan menunjang kuliahmu.

Udah, mungkin itu saja yang bisa penulis sampaikan. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, boleh dong dikomen apa-apa saja selain kelima tips di atas yang bisa dilakukan untuk mahasiswa baru :D
Lebih baru Lebih lama