Hobi Menulis? Yuk Kirim Karyamu ke Media Massa Berikut Ini

Daftar isi [Tampil]
Media Cetak

Sekarang lagi musim si Corona kan? Lagi #dirumahaja dong. Ingin tetap produktif dan menghasilkan uang ? Boleh banget untuk mencoba mengirimkan karya pada beberapa alamat email redaksi koran, majalah, jurnal dan tabloid. Beberapa diantaranya menerima karya berupa Puisi, Cerpen, Esai dan lain-lain. Daftar ini saya peroleh dari beberapa broadcast teman-teman se-dunia sastra. Banyak diantaranya diperoleh dari hasil referensi oleh kak Esha Tegar Putra seorang penyair Indonesia. Ada juga kak Isbedy Stiawan Zs yang aktif menulis sastra asal Lampung ini.

Tanpa panjang lebar, yuk segera meluncur.

1. Kompas

Kompas merupakan portal web ternama di Indonesia. Sudah tidak diragukan lagi kualitas dari tulisan-tulisan yang dimuat di dalam media kompas ini. Ett tapi jangan takut untuk mencoba. Yuk kirimkan karyamu ke alamat email Redaksi Kompas yaitu [email protected], [email protected]
Di Kompas sendiri, cerpen dihargai dengan honor Rp. 1.400.000, puisi Rp. 500.000. Honor tersebut akan diberikan (trasfer) setelah 2 atau 3 hari sejak karya sobat tayang di medianya mereka.

2. Koran Tempo

Koran Tempo ? Tidak kalah ternama dengan sahabat-sahabatnya yang lain. Koran Tempo juga banyak menyajikan berita, artikel, opini yang apik dan aduhai. Bagi sobatKus boleh banget jika mau mencobanya. Kirim ke alamat email redaksi Koran Tempo yaitu [email protected]
Kalau di Koran Tempo cerpen sobat akan dihargai tergantung panjang dan pendeknya. Honor cerpen biasanya Rp. 700.000, kemudian honor untuk puisi Rp. 600.000, ada juga yang Rp. 250.000,- s/d Rp. 700.000. Honor akan dibayarkan setelah 2 mingguan tayang di Koran Tempo.

3. Jawa Pos

Pengen nyoba kirim ke Jawa Pos? Bisa banget kirim ke alamat email redaksinya yaitu
[email protected]

Adapun untuk honor cerpen berkisar diantara Rp 900.000 hingga Rp. 1.000.000,- (dipotong pajak), kemudian untuk honor puisi Rp. 500.000. Honor akan ditransfer setelah 1-2 minggu karya dimuat di Jawa Pos.

4. Suara Merdeka

Banyak sekali media massa yang menerima massa yang menerima karya seseorang, salah satunya Suara Merdeka. Teman-teman bisa mengirimkan karya ke alamat email redaksi Suara Merdeka yaitu [email protected]

Kirimkan karya sobat baik berupa cerpen, puisi, esai sastra, biodata, dan beserta foto close up sobatKus. Syarat untuk cerpen maksimal 10.000 karakter termasuk spasi. Adapun honor cerpen sobat akan dihargai dengan uang Rp. 300.000,- (dipotong pajak), honor puisi Rp. 190.000,- (tanpa potong pajak). Kemudian, segera hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor ketika karya sobat dimuat dan jangan lupa tanggal pemuatannya ya. Honor sobat bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau kantor perwakilan redaksi di kota Anda (jika ada).

5. Media Indonesia

Sering ditolak atau tidak diterima oleh media massa ? Jangan patah semangat, yuk dicoba lagi. Nah ini ada Media Indonesia, bisa dicoba siapa tau beruntung.
Alamat email redaksi Media Indonesia: [email protected], [email protected]
Naskah berupa cerpen maksimal 9.000 karakter. Kemudian, untuk honor cerpen dihargai dengan Rp. 500.000,- dipotong pajak. (referensi dari Yetti A.Ka, Benny Arnas, Sungging Raga, dkk)

6. Republika

Sering baca-baca artikel di Republika ? Punya naskah cerpen, puisi atau sajak, atau esai yang sudah siap kirim tapi bingung mau kirim kemana? Yuk dicoba kirim ke Republika.
Adapun untuk alamat email redaksi Republika, bisa dikirim ke [email protected] atau [email protected]

7. Suara Karya


Untuk Suara Karya bisa kirim ke alamat email redaksinya yaitu [email protected]

8. Jurnal Nasional

Ada Jurnal Nasional yang juga menerima karya. Bisa dikirim ke alamat email redaksinya yaitu [email protected], [email protected]

Honor cerpen akan dihargai Rp. 400.000,- (potong pajak), kemudian hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

9. Pikiran Rakyat

Alamat email redaksi Pikiran Rakyat: [email protected]

10. Solo Pos

Pengen karyamu dimuat di Solo Pos yuk kirim segera ke Email: [email protected] / [email protected]

10+ Sumatera Ekspres

Ini bonus untuk teman-teman yang berada di wilayah Sumsel. Berhubung saya orang Sumsel, mohon maaf untuk bagian ini saya terakan secara lengkap ya. Untuk beberapa media di atas, coba dibantu dicari lagi untuk format pengirimannya hehe ^_^

Soalnya saya pengen banget ngirim ke media yang ada di kota saya, tapi belum kesampaian terus sih hehe.

Adapun syarat karya tulis yang ingin dimuat di Sumeks yaitu:
- Berupa teks (ms. Word)
- Opini/Kritik/Saran/Artikel
- Terdiri dari 5-8 Paragraf
- Tema Bebas (Disaranakan mengenai Pendidikan & Sosial Masyarakat/Pemerintahan)

Ketentuan Khusus:
1. Penulis merupakan mahasiswa aktif di sumatera selatan
2. Melampirkan Biodata (ms. Word) berisi: Nama Lengkap, Tanggal Lahir, No HP, Jurusan, Semester, Kampus
3. Melampirkan Foto (jpg/jpeg) Tampak Depan 
- Separuh Badan Resolusi tinggi (background dan pakaian bebas, disarankan pakaian formal/almamater).
-Boleh lebih dari 1 foto.
4. Karya Tulis, Biodata, dan foto ke email [email protected].
5. Suara Kampus akan terbit setiap hari Selasa di Harian Sumatera Ekspres.
- Karya tulis diterima SETIAP HARI
- Penerbitan ditentukan berdasarkan urutan pengiriman dan kualitas isi karya tulis.

10++ Tribun News


Sebenarnya saya mau menuliskan cara mengirimkan karya ke Tribun Sumsel, berhubung saat ini belum saya peroleh linknya gakpapa dicoba yang tingkat nasionalnya ini aja dulu.

Jika ingin mengirimkan tulisan di Tribunnews, pertama sobat perlu mendaftar akun tribunnews dulu di website resminya. Ada dua kategori tulisan yang dimuat yaitu Citizen Reporter dan Citizen Article.

CITIZEN REPORTER


Setelah login, anda bisa mengirimkan tulisan pendek (maksimal 500 karakter) tentang peristiwa atau kejadian misalnya kemacetan lalu-lintas, kecelakaan, bencana alam, peristiwa kriminal, kenaikan harga barang, dan kegiatan acara serimonial, kebijakan pemerintah, siaran pers, agenda acara.

Caranya klik tautan TULIS LAPORAN KLIK DI SINI yang ada di kotak citizen reporter, atau di halaman profil anda.

Anda juga bisa mengirimkan tulisan (Citizen Reporter) melalui media lain seperti:
- SMS ke no 081281777111
- Kirim email ke [email protected]
- Kirim faximilie ke 021-5359523
- Telepon ke 021-5359525

KIRIM TULISAN (CITIZEN ARTICLE)


Bila Anda ingin melanjutkan untuk mengirim tulisan dan bentuk bentuk artikel (bukan laporan pendek/ Citizen Reporter), klik menu KIRIM TULISAN di bagian kiri-atas, di bawah Kanal Rubrik. Maka akan muncul boks "Tulis Artikel" yang terdiri dari: Judul, Sub-Judul, Intro, Isi Tulisan, Tag, Kutipan, Upload Image, Sumber Foto, dan Keterangan Foto. Klik tombol "Simpan" untuk mengirim tulisan.

10+++ Sriwijaya Post

Sriwijaya Post menerima naskah artikel dari pembaca yang ditulis dengan kriteria antara lain; Tema yang dituangkan dalam tulisan merupakan isu mutakhir, ditulis dengan bahasa yang lugas, mudah dimengerti dengan sistem penulisan yang runut (tersistematis); tidak lebih dua setengah dua layar komputer Anda (2,5 halaman kuarto) spasi ganda.

Kalau tulisan Anda berkaitan dengan pendidikan, minimal 4 hari sebelumnya sudah kami terima untuk kami pelajari. Lampir fotocopi indentitas dan alamat lengkap. Alamatkan ke redaksi Sriwijaya Post Jalan Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang atau melalui email : [email protected].

Jika terjadi perubahan pada alamat email atau honor, boleh banget konfirmasi di bawah yah. Kalau kamu punya pengalaman dalam memuat karya boleh banget juga untuk diceritakan.
Terima kasih, selamat mencoba ya :D
Pict by: Freepik
Lebih baru Lebih lama