Keren! Ayo Baca Pertanyaan Tentang Esai dan Jawabannya

Pertanyaan tentang esai
QnA

Bismillahirrahmanirrahim…
Baiklah teman-teman sekalian, jumpa lagi bersama Kuskus Pintar. Insya Allah website ini dapat terus membagi manfaat. Kali ini saya akan membagikan beberapa pertanyaan tentang esai plus jawaban seputar Esai. Pertanyaan dan Jawaban ini saya peroleh dari beberapa hasil diskusi online terkait pembahasan Esai.
Teman-teman pasti ada yang bertanya-tanya lebih lanjut mengenai esai, nah ada baiknya pelajari dulu materi tentang esai.

Teman-teman bisa baca Part 1 dan 2 tentang esai? Kalo belum jangan lupa dibaca dula ya, nih linknya:

Selamat menyerap ilmunya yah ^_^

Berikut ini Pertanyaan tentang esai beserta jawaban


Pertanyaan Esai 1

Apakah dalam pembuatan Esai, KTI (makalah) membutuhkan terjun ke lapangan langsung  untuk pengambilan data ? Misalnya dalam penyusunan skripsikan biasanya ada 3 metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Mohon penjelasannya. Apakah pembuatan KTI harus memakai ke tiga metode itu ?

Jawaban:

KTI memiliki beberapa jenis, salah satunya ada esai. Skripsi itu sendiri termasuk pada makalah. Makalah juga jenis dari KTI. Pengambilan data untuk Esai tidak harus terjun ke lapangan. Esai bisa hanya sekedar ide, konsep atau skema, atau perancangan program yang sudah sampai pada tahap implementasi. Untuk memperkuat data dari narasumber, bisa menggunakan metode wawancara/oberservasi/dokumentasi. Biasanya untuk Esai yang topik bahasannya eksakta (ilmu IPA dll) dikatakan sudah memasuki tahap implementasi misalnya bikin robot jadi, eksperimen di lab. Pembuatan KTI, tidak harus menggunakan itu semua, sesuai kebutuhan pokoknya saja hehe.

 

Pertanyaan Esai 2

Pertanyaan tentang esai yang kedua ini menanyakan tentang batasan karya esai yang ingin dilombakan.
Dari sekian banyak pemaparan materi tadi, ada pendahuluan, isi dan penutup. Di dalam penulisan esainya tidak dituliskan pendahuluan, isi, sama penutupnya ya kan kak? Hanya sebatas format aja kan. Terus satu lagi kak, kalo misalnya esai buat lomba debat, boleh gak kak hanya sampai ide/gagasan dari masalah yang kita angkat?

Jawaban:

Iyaa betul sekali, hanya sebatas formatan saja. Jadi, tidak perlu dituliskan secara tekstual, baik Pendahuluan, Isi, Penutup pada esai kamu. Kalau esai yang dibuat untuk lomba debat, tidak apa-apa jika ditulis hanya sebatas ide. Usahakan esai yang hanya ditulis idenya saja dapat diperinci penjabarannya terkait rencana implementasi atau visualisasi gagasannya.

Pertanyaan Esai 3

Pertanyaan tentang essay ini ditanyakan oleh peserta seminar tentang perbedaan KTI dan makalah.
Saya mau nanya kak, gimana sih KTI itu dan gimana sih makalah itu? Tapi lebih ke sistematikanya kak. Karena saya pernah punya pengalaman kalau aturan atau sistematika KTI itu lebih rumit. Meski agak sama dengan sistematika makalah. Gimana tuh kak?

Jawaban:

KTI (Karya Tulis Ilmiah) itu terbagi atas berbagai jenis, ada esai, makalah, proyek sosial, rencana bisnis, dan lainnya. Namun kebanyakan dari kita terdapat kesalapahaman. Banyak yang menganggap kalau KTI itu makalah, padahal Makalah bukan KTI, melainkan salah satu jenis dari KTI. Untuk sistematika KTI itu sendiri terdiri dari bab-bab.

 

Pertanyaan Esai 4

Pertanyaan tentang essay mengenai perbedaan esai beasiswa dan lomba.
Kalau Essay beasiswa sama Essay lomba apakah formatnya (caranya) sama kak? Atau ada pembeda nya kak? Dan bagaimana cara kita supaya bisa mendapatkan ide yang  menarik kak?

Jawaban:

Esai beasiswa ini berbeda dengan esai ilmiah untuk lomba. Tapi secara struktur dia sama, ada pendahuluan, isi, sama penutupnya. Akan tetapi kalau esai beasiswa ini lebih membahas diri kita sendiri, mulai dari latar belakang kita gimana, pengalaman, alasan kita ingin mendapatkan beasiswa tersebut, dan mengapa kita layak untuk itu, dsb. Untuk ide biar menarik, dari saya kita harus sering-sering menggiatkan budaya literasi, yaitu membaca, menulis, dan diskusi.

 

Pertanyaan Esai 5

Kemudian, pertanyaan tentang esai nomor 5 ini tentang porsi fakta dan opini dalam esai.
Perbedaan esai populer dan ilmiah itu seperti apa? Presentase fakta dan opini dalam esai bagaimana yang pas? (Misalnya fakta 75%, opini 25%)?

Jawaban:

Esai populer itu bebas dan luas, berbeda dengan esai ilmiah yang based on research. Jadi hasil riset itu dibuat menjadi sebuah esai, nah ini esai ilmiah. Tetapi di zaman modern ini, keduanya bisa dikombinasikan kok. Kalau esai populer 70% opini, 30% fakta. Intinya opini harus dominan. Kalau esai ilmiah fakta boleh dominan, tetapi opini tetap ada ya.

 

Pertanyaan Esai 6

Kak saya mau nanya, untuk memodifikasi sesuatu yg sudah ada itu terkadang susah bagi saya, bagaimana cara mudah agar dapat mencari ide kreatif tersebut?

Jawaban:

Banyak baca, peka dengan lingkungan sekitar, konsul dgn orang expert di bidangnya tentang ide kamu, apakah idemu layak dibuat atau tidak.

 

Pertanyaan Esai 7

Nah ini nih gaes yang penting, jangan sampai kemakan hoax karena sumber yang gak relevan. Yuk baca pertanyaan tentang esai yang ke-tujuh ini.
Cara cari sumber yang relevan itu bagaimana apa ada web-web khusus dan yang dikatakan relevan itu bagaimana ?

Jawaban:

Kalo untuk cari referensi, ada di web :
gen.lib.rus.ec (library genesis)
Google scholar (scholar google.com)
Proquest (proquest.com)
dan masih banyak lagi...
Yang relevan itu yg berkaitan dgn bidang/topik tersebut.

 

Pertanyaan Esai 8

Pertanyaan tentang esai yang terakhir ini, penting sekali tentang rasa mager yang datang menghantui hihihi
Kak bagaimana cara menghilangkan rasa malas or 'mager' saat hendak memulai dalam membuat essay atau KTI ?

Jawaban:

Caranya adalah kamu bisa istirahat atau lakukan kegiatan yg kamu suka dulu aja. Kalo semangatnya udah kembali, baru deh bikin essay dan karya tulis ilmiahnya jadi semangat lagi.

Pertanyaan Esai 9

Izin bertanya kak, dalam mengikuti lomba essay, apakah prototype diperlukan untuk mendukung ide kita? Apakah itu menjadi point plus tersendiri? Sebenarnya komponen apa saja sih kak yang sangat menarik perhatian juri?

Jawaban:

Sebenarnya perlu atau tidaknya tergantung pada ketentuan perlombaan. Misal lombanya tentang Produk Makanan Tradisional, prototype yang dibawa tentu makanannya. Apalagi jika panitia sudah memberitahukan wajib membawa produk/prototype, maka teman-teman perlu bawa.

Nah jika panitia tidak mewajibkan membawa prototype, artinya prototype masuk kategori sunnah. Dibawa boleh, gak bawa juga boleh.

Tetapi, alangkah baiknya untuk membawa prototype sebagai pendukung ide. Misal ide sobat bukan berupa makanan ataupun produk/alat, baru berupa ide atau konsep bisa bawa banner atau poster sebagai prototype nya.

Kalau ditanya, apakah menjadi poin tersendiri? Tentu, prototype akan dihitung sebagai poin bonus.

Kemudian, komponen apasih yang menarik perhatian juri?

Ini sudah saya bahas di tips dan trik menulis esai. Juri sangat tertarik dengan adanya tampilan visualisasi, bukan hanya sekadar narasi. Seperti bagan, diagram, alur ide, dan lain sebagainya yang digambarkan secara visual. Nah, teman-teman perlu sekali paham maksud dari gambaran tersebut. Jangan sampai jika ditanya juri, "Ini angka apa" malah bingung sendiri.

Pertanyaan Esai 10

Dalam satu paragraf, apakah baiknya selalu ada data dari literatur atau bisa murni seluruhnya opini kita kak?

Jawaban:

Kalo konteksnya esai, apalagi esai ilmiah.

Kasih data dulu, misal dua atau tiga kalimat kemudian ada referensinya. Terus habis itu disimpulkan.

Misalnya data yang saya paparkan adalah "Tingginya data di Indonesia ada sekian juta penderita diabetes melitus. Masalah yang didapat dari penderita diabetes melitus adalah ...... bla bla. Sehingga, masalah ini menjadi urgensi."

Atau, "Maka, masalah ini harus segera diselesaikan."

Dari kata sehingga atau maka itu sudah menjadi opini kita. Jadi yang terpenting adalah opini kita didasari dengan data atau fakta.

Pertanyaan Esai 11

Untuk daftar pustaka baiknya dari berapa sumber kak?

Jawaban:

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus mengenai berapa sumber yang perlu dicantumkan. Lain hal ketika sobat membuat skripsi, biasanya masing-masing universitas mempunyai ketentuan untuk sumber. Di Universitas saya paling tidak ada 10 sumber dari jurnal Indonesia dan 10 dari jurnal internasional.

Kalau esai sebaiknya saran saya gunakan sumber yang valid seperti buku, jurnal/artikel ilmiah, publikasi dari lembaga terpercaya (BPS, BI, World Bank dll).

Pertanyaan Esai 12

Aku sedikit penasaran sama literature review, bisakah kakak jelaskan secara singkat saja mengenai itu kak?

Jawaban:

Literature review merupakan sebuah cara untuk mereview sumber yang mendukung tulisan kita. Jadi, setiap artikel ilmiah yang diperoleh, khususnya yang berkenaan dengan topik pembahasan, kita review dari masalah yang diangkat, lokasi penelitian, hipotesis jika ada, metode penelitiannya, hingga kesimpulannya juga.

Boleh banget dibuat tabel aja perbaris di review satu per satu. Jadi, kelihatan perbedaan antar sumber yang ada. Nah, dari kekurangan masing-masing sumber bisa diangkat dalam tulisan kamu.

Bersambung...untuk pertanyaan tentang essay berikutnya akan diupdate jikalau penulis mendapatkan ilmu baru lagi di seminar-seminar lainnya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya, boleh dipersilakan ya di kolom komentar di bawah ^_^
Oiya, satu pesan saya, jangan lupa segera direalisasikan ilmu esainya ya! Bisa dengan ikut lomba atau kirim esai ke media.

Sobatkus bisa baca contoh esai pemenang karya saya nih di blog ini :D

39 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Pertanyaan nomor 8 itu paling sering ada di berbagai bidang kehidupan.
    Bagaimana mengatasi rasa malas?
    Ya jangan malas hahahaha.

    Semangat, jangan mager, karena apapun itu butuh diperjuangkan, apalagi hal positif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener juga mba, kalo mau mengatasi malas, ya jangan malas.

      Semangat jangen mager-mager :D

      Delete
  2. nice info gan, ditunggu update tanya jawab seputar essai selanjutnya.

    ReplyDelete
  3. Pendahuluan-isi-penutup. Ini yang biasanya saya pakai saat nulis di blog. Saya nggak tahu kalau ini format esai, cuma mikirnya sebatas logika aja.

    Kalau buat saya, nulis penutup (simpulan, pertanyaan) itu lebih membantu proses nulis. Karena saya tau apa sih yang sedang saya tulis ini. Ibaratnya, memulai dengan hasil akhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren tuh kak, belajarnya otodidak ya. Tanpa tau format esai itu seperti apa. Rata" tulisan itu formatnya emang begitu sih kak hehe

      Jadi, logika yang kakak maksudkan itu (pembuka-isi-penutup) sudah berlaku umum untuk hampir keseluruhan jenis tulisan.

      Delete
  4. Pertanyaan 8 adalah pertanyaan untuk banyak kasus nih haha.. tapi bener sih supaya gak mager kita refresh otak dulu kalo udah fun baru siap menulis lagi

    ReplyDelete
  5. Memang kalo menulis itu butuh hati dan pikiran yang jernih dan harus sinkron ya, biar tulisannya juga bagus :D

    ReplyDelete
  6. wah menarik infonya bisa bikin essay makin mantap...dan aku baru tau selain google scholar, makasih ya ka

    ReplyDelete
  7. bagus ini isinya, kuskus pintar ada postingan tentang esai beasiswa lebih spesifik tidak? kalau ada boleh di share dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh saya catat dulu request nya mbak. Kebetulan belom saya tulis hehe

      Delete
  8. Perbandingan antara konten uraian fakta sama opini ternyata bisa bikin jenis tulisannya pun jadi berubah, ya... Suka keder sama batasan opini yang diperbolehkan dalam tulisan ilmiah.

    ReplyDelete
  9. Kebayang saat dulu teman apply beasiswa ke amerika wajib buat essay..wadaww, baru ngehnya sekarang😁

    ReplyDelete
  10. Hal ini juga berlaku utk nulis di blog, menurut saya. Ada pendahuluan - isi - penutup. Yg bikin jadi beda mungkib gaya bahasa. Yg style nya storytelling kaya saya smua itu terlihat tidak ada tapi ada, karna gaya bahasanya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, saya juga nulis di blog ini menggunakan panduan itu pembuka-isi-penutup. Bener bangut kalo ciri khas esai ilmiah dia akan sarat dengan bahasa baku dan kadang cenderung kaku. Kalo ngeblog mah suka-suka ya hehe

      Delete
  11. Buat yang suka menulis di manapun platformnya sepertinya harus tau tentang esai gini ya mba.
    Membantu dalam proses penulisan jadi ga bingung.

    Oia mba udah aku follow blognya. Follow back ya hehe πŸ˜ŠπŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba bener, di manapun kita mau menulis usahain ada panduannya.

      Siap mba, udah di follback lho hehe

      Delete
  12. Dulu pernah sih bikin KTI, cuma binggung cara penulisannya. nanti harus lebih semangat lagi bikinnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi semangat ya, semoga pertanyaan tentang essay ini membantu kamu :)

      Delete
  13. pertanyaan nomor 7 dan 8 bisa jadi referensi saya juga ,agar tidak sering males-malesan ya..

    ReplyDelete
  14. QnA kayak gini simpel padat, perlu menggali pertanyaan2 yang sering banget ditanyain, makasih bu, bacanya kayak nemu buah sekeranjangm gak perlu cape2 metik hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKwk bisa gitu, semoga pertanyaan tentang essay ini dapat membantu ya kak

      Delete
  15. Nice QA kak, mantaap ngga disangka mantaps jawabannya hehe

    ReplyDelete
  16. Tantangan terberat ada di pertanyaan no delapan..
    Malas dan bosan menurut saya penyakit berbaya selama saya terjun di dunia blogging

    Tio_iotomagz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, malas dan bosan itu berat banget sih

      Delete
  17. Lanjutkan karyamu wahai penerus bangsa

    ReplyDelete
  18. Apakah essai itu mempunyai ketentuan baku kak? khususnya untuk lomba essai

    ReplyDelete
  19. Nice Gan, ditunggubtips tips karya tulis lainnya. Semoga berguna.

    ReplyDelete
  20. Tantangan terbesar dan terberat itu ada di point 8. Magernya ketika sudah buka laptop dan word trus bingungvapa yang mau ditulis, jadi mager bawaannya πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  21. Oke dari part1 udah dibahas cara menulis esai dan part 2 tips dan triknya, dan sekarang di post ini Q&A seputar esai nice materi gan

    ReplyDelete
  22. Mantap mbak artikelnya saya tahunya esai soal ujian yang bikin kepala pusing dan bukan tentang esai karya ilmiah

    ReplyDelete
  23. Wah ote bookmarks ini.. saya lagi mau belajar buat esai nih.. makasih informasi nya kak ;D

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post