Corona Mewabah, Mari #dirumahaja

Daftar isi [Tampil]

Corona ada dimana-mana, seperti kamu yang berkeliaran di kepalaku.
Hey tolong corona lenyap kau dari muka bumi ini.

Just intermezzo ya sob hehe

Kamu apa kabar ? Semoga kita semua sehat selalu yah. Jangan sakit, usahakan dijaga terus ya kesehatannya.

Sekarang Bumi kita sedang sakit, tolong kamu jangan. Apalagi kamu yang jauh disana.

Bumi sedang sakit apa kak ?

Sudah taukan kabar Bumi kita saat ini ? Bumi kita sudah tua, umurnya tak terhingga. Sekarang Bumi sedang terkena wabah penyakit. Kasian Bumi. Semoga Bumi tetap kuat ya. Mari berdoa untuk bumi kita yang tercinta ini.

Wabah penyakit yang sedang menyerang bumi akhir-akhir ini, dikenal oleh umat manusia dengan sebutan Virus Corona.

Virus corona ini adalah golongan virus yang menyerang sistem pernapasan pada manusia.

Sebenarnya virus corona ini sudah sering kita kenal seperti batuk-batuk, flu, bersin dan sejenisnya. Penyakit yang menyerang pernapasan kita itu namanya corona, hanya saja yang sedang merebak saat ini adalah virus corona dengan nama kerennya  Coronavirus Disease-19 atau COVID-19.

COVID-19 ini merupakan mutasi dari virus corona yang biasa menyerang manusia saat flu. Saat di tubuh manusia, virus ini sangat mudah untuk bermutasi. Sehingga sistem tubuh manusia memerlukan waktu yang lebih lama untuk memberikan respon imun. Mutasi itu perpindahan ya gaes. Karena si COVID-19 ini mudah banget bermutasi, mangkanya susah sekali ketahuan untuk orang yang terjangkit virus ini. Berbagai literasi mengatakan masa inkubasi virus ini membutuhkan waktu 14 hari, barulah kelihatan gejala-gejalanya.


Lalu, apa aja gejala-gejala pada virus ini ?

Dilansir dari situr Alodokter, ada 3 gejala utama yang dapat muncul pada COVID-19, yaitu:
  1. Demam tinggi
  2. Batuk
  3. Sesak napas
Ketiga gejala di atas merupakan gejala yang paling utama sering muncul pada seseorang yang terjangkit virus ini. Namun, ada juga gejala lainnya seperti nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. Namun, gejala-gejala tersebut jarang terjadi pada pasien COVID-19.

Virusnya bisa menular yah?

Ya bisalah bambang wkwk
Virus ini dapat menular apabila terjadi kontak langsung/tidak langsung dengan orang/hewan/benda yang pernah terpapar oleh si COVID-19. Seperti:
  • Kontak langsung contohnya bersin, batuk, kontaminasi feses, bersentuhan, dan sejenisnya
  • Kontak tidak langsung contohnya memegang benda yang telah terkontaminasi oleh virus
Seperti yang saya tulis di paragraf sebelumnya,virus ini memiliki masa inkubasi selama 14 hari. Itupun gejala-gejala yang ditunjukkan tidak spesifik, bisa jadi hanya menunjukkan 1 gejala. Oleh sebab itu, yuk kawan-kawan kurangi aktivitas di luar rumah. #dirumahaja

Akhir-akhir ini banyak yang beramai-ramai untuk memeriksakan dirinya, padahal hanya batuk/pilek ringan saja. Ketika kamu menunjukkan gejala ringan tersebut, ada baiknya mengisolasi diri di rumah dulu, ketika sudah lebih dari 3 hari bahkan seminggu barulah datangi layanan kesehatan.

Oiya, virus itu sifatnya Self limiting disease atau kalau di-indo-in artinya dapat sembuh sendiri. Penting sekali kita menjaga pola hidup sehat, jangan sampai imun tubuh kita rendah. Seperti virus pada umumnya, si teman-teman COVID-19 lainnya pun biasanya bisa sembuh sendiri contohnya si virus yang menyebabkan Cacar.

Kamu tidak maukan tertular ? Apalagi menularkan, kasian orang-orang tak bersalah :(
Hiks sedih, yuk kita #dirumahaja

#DiRumahAja

Ketika kita #dirumahaja banyak hal yang dapat kita lakukan, selain rebahan sepanjang waktu. Pertama, kamu bisa membaca buku. Sayang sekali ketika kamu punya banyak buku tapi belum habis dibaca. Yuk bukunya dibaca (nampar diri sendiri).

Kedua, beres-beres rumah. Penting sekali menjaga kebersihan lingkungan, buang semua sampah-sampah yang menumpuk, buang pula benda-benda yang tak terpakai lagi. Jangan sampai rumahmu atau kosanmu menjadi basecamp para binatang menjijiqan hehe

Ketiga, kamu bisa produktif dengan melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan softskill.
Apa saja ? Sini saya kasih tau. Aktivitas tersebut seperti menulis, mendesain, menjahit, memasak, dan mero-kok *ehh.

Tolong kata terakhir me- itu jangan dilakuin ya bro. Sayangi paru-parumu :)

Keempat, berolahraga di rumah yang ringan-ringan saja. Kamu bisa jalan-jalan keliling rumah, sambil berjemur di bawah matahari pagi. Kamu juga bisa lakuin push up, sit up, jogging, squat, dan mungkin angkat beban.

Kelima, quality time bersama keluarga. Sayang banget kalo momen #dirumahaja hanya diisi dengan kegiatan rebahan-guling-guling-rebahan.

Tulisan ini disadur dari berbagai sumber.
Sumber paling utama: Notulensi Diskusi Regional FoSSEI Sumbagsel, 23 Maret 2020
Pict by: Pixabay
Lebih baru Lebih lama